Lapor Mang Sripo

Bagaimana Atasi Genangan Air?

Desember sudah berlalu namun memasuki minggu pertama Januari ini sepertinya curah hujan masih tinggi juga.

Bagaimana Atasi Genangan Air?
SRIPOKU.COM/ZAINI
Ilustrasi - Sejumlah kendaraan menerobos genangan air di Jalan May Salim Batubara Sekip Pangkal Palembang, Selasa (30/5/2017). Menurut warga sekitar, sejak diguyur hujan beberapa hari lalu kawasan ini hanya sebentar surut dan kembali dibanjiri air hujan meski turun hujan sekitar 1/2 jam. 

SRIPOKU.COM Desember sudah berlalu namun memasuki minggu pertama Januari ini sepertinya curah hujan masih tinggi juga. Kami warga Palembang merasakan dampaknya adalah genangan air yang cukup merepotkan.

Hal ini karena di beberapa ruas jalan terjadi genangan air yang pada jam-jam tertentu menyebabkan macet total kendaraan. Ini sebetulnya masalah klasik yang setiap musim curah hujan tinggi terjadi namun kiranya kami memberikan usul bagaimana agar pihak pemerintah mengatasi hal ini supaya tidak terjadi lagi.
0812 7108 xxxx

Berita Lainnya:  Apa Upaya Penanggulangan Genangan Air?

Jawab
Penggalian Drainase di Beberapa Kawasan
Terima kasih atas masukannya. Berbagai upaya sudah dilakukan Pemkot Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang. Di beberapa kawasan seperti akan melakukan penggalian drainase di kawasan Pedestrian Sudirman. Hal ini untuk menghidupkan kembali drainase-drainase yang selama ini sudah tidak maksimal lagi. Untuk mengatasi banjir di kawasan ini sudah melakukan pembersihan drainase di sepanjang jalan Sudirman mulai dari Pasar Cinde sampai Masjid Agung.

Selanjutnya, akan melakukan penggalian drainase di kawasan Dika dan drainase di sepanjang Jl Rustam Effendi tepatnya di deretan ruko Martabak HAR. Kami sudah memanggil pihak Balai Jalan yang bertugas mengatasi permasalahan ini. Pihak LRT juga akan melakukan perbaikan jalan di Kol H Burlian, selebihnya menjadi tanggung jawab Balai Jalan.

Ada 64 titik genangan air, 21 di antarannya berada di sepanjang jalur pembangunan LRT. Titik ini bukan merupakan titik banjir tetapi genangan air sementara akibat hujan. Genangan air ini berada di kawasan Jalan Letjend Harun Sohar, Jalan Kol H Burlian, Jalan Jenderal Sudirman (Simpang Polda), Jalan Angkatan 45 (PIM), sampai Jalan Kapten A Rivai tepatnya di seputaran kantor Gubernur Sumsel.

Untuk mengantisipasi ini, kami memperbaiki kembali pompa yang sudah tidak berfungsi. Di antaranya, di Kolam Retensi IBA, Anak Sungai Bendung, Veteran dan Angkatan 45. Di antaranya ada tiga yang tidak berfungsi yakni dua di Angkatan 45 dan satunya lagi ada di Sungai Bendung.(cr5)

Ir Saipul
Kepala Dinas PU PR Kota Palembang

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved