Menurut Bill Gates, Inilah 6 Inovasi yang Akan Mengubah Dunia

Perkembangan teknologi akan selalu diwarnai dengan inovasi-inovasi baru. Namun, manakah yang terbaik dan memiliki potensi untuk mengubah dunia?

Menurut Bill Gates, Inilah 6 Inovasi yang Akan Mengubah Dunia
IST
Bill Gates dalam wawancaranya saat kunjungan ke Yogyakarta, 5 April 2014. 

SRIPOKU.COM - Perkembangan teknologi akan selalu diwarnai dengan inovasi-inovasi baru. Namun, manakah yang terbaik dan memiliki potensi untuk mengubah dunia?

Dalam artikelnya untuk Time, Kamis (4/1/2018), Bill Gates memilih enam inovasi besar yang patut Anda simak. Berikut paparannya:

Berita Lainnya:
Orang Kaya Sejagad - Mau Tahu Kebiasaan Bill Gates Sebelum Tidur?

1. Penyimpanan vaksin yang lebih baik
Vaksin adalah salah satu temuan paling berharga dalam perlawanan manusia terhadap penyakit. Sayangnya, vaksin juga mudah rusak bila tidak disimpan dengan baik.

Sekelompok peneliti dari Global Good in Seattle yang ingin menyelesaikan masalah ini telah menciptakan kulkas baru untuk vaksin yang bernama MetaFridge. Kulkas ini bisa mempertahankan suhu dinginnya walaupun mati lampu yang cukup lama sehingga vaksin tetap aman.

Kini, mereka sedang berusaha menciptakan versi lebih kecil dari kulkas tersebut agar mudah dibawa ke tempat-tempat terpencil.

2. Alat penyunting gen
Alat penyunting gen yang kita miliki sekarang, CRISPR, telah digunakan untuk menciptakan berbagai terobosan baru di dunia biomedis. Namun, Gates mengakui bahwa kita masih berada dalam tahap awal pengembangan alat tersebut.

Ke depannya, Gates memprediksikan bahwa alat penyunting gen akan bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit dan menghilangkan malaria.

“Saya tahu ada banyak pertanyaan mengenai cara menggunakan teknologi ini dengan bertanggung jawab, tapi saya memiliki harapan besar terhadap kemungkinan yang ada,” tulisnya.

3. Energi matahari
Tidak bisa dimungkiri bahwa dalam usaha menghentikan perubahan iklim, kita harus mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved