Menakjubkan Sampah Pasca Tahun Baru Capai 3000 Ton, Warga Masih Buang Sampah Sembarangan

Pasca perayaan malam tahun baru, tempat yang menjadi tempat perayaan pergantian tahun meninggalkan banyak sampah.

Menakjubkan Sampah Pasca Tahun Baru Capai 3000 Ton,  Warga Masih Buang Sampah Sembarangan
SRIPOKU.COM/HARIS WIDODO/DOKUMEN
Kondisi tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Sukawinatan Palembang, Jumat (29/12/2017). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pasca perayaan malam tahun baru, tempat yang menjadi tempat perayaan pergantian tahun meninggalkan banyak sampah.

Terutama di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) yang digadang-gadang menghasilkan jumlah sampah paling banyak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang, Faizal, Senin (1/1) mengatakan, pasca perayaan malam tahun baru jumlah sampah di Palembang bertambah menjadi 3000 ton.

Angka ini meningkat dari jumlah biasannya hanya sekitar 800 sampai 1000 ton.

Ia mengatakan, sampah ini didominasi oleh botol minuman kemasan, bungkus kembang api, bungkus makanan, dan sampah-sampah lainnya.

"Padahal sebelumnya kami sudah menyiapkan kotak sampah di berbagai sudut BKB, namun masyarakat yang merayakan malam tetap saja membuang sampah bukan pada tempatnya," ujarnya.

Karena banyaknya sampah ini, Faizal mengatakan, sejak subuh dirinya bersama pasukan kuning sudah berada di BKB untuk membereskan sampah-sampah ini.

"Kesadaran masyarakat terhadap buang sampah masih kurang terutama ketika ada acara atau kegiatan," ujarnya.

Fiazal mengatakan, khusus untuk membereskan sampah sisa malam tahun baru ini pihaknya menurunkan 500 petugas pasukan kuning sejak pukul 05.00 WIB.

"Waktu kerja pasukan kuning memang mulainya sejak pukul 05.00 WIB. Kalau hari biasa petugas ini menyebar di seluruh Kota Palembang tapi tadi kami fokuskan ke BKB, karena sampahnya sangat banyak," ujarnya.

Sedangkan untun membersihkan sampah di pinggiran kota, DLHK sudah menyiapkan 20 sepeda untuk mengangkut sampah di pinggiran kota.‎

"Sepeda-sepeda ini, kita bagi untuk petugas di daerah pinggiran kota, agar tetap bersih. Sekarang memang baru ada 10 sepeda bagi petugas dipinggiran kota," ujarnya .

Pada tahun 2018 ini juga, dikatakannya, meskipun tak banyak, DLHK Kota Palembang akan melakukan perekrutan dan penambahan personil untuk membersihkan wilayah di kota Palembang.

"Kita tengah rancang, apa-apa saja yang perlu disiapkan. Kemungkinan akan ada tambahan petugas sekitar 60 orang. Kita juga akan ada penambahan 5 mobil truk baru, 3 dari APBD, 2 dari pusat," ujarnya.

Penulis: Siti Olisa
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved