Ujian Sekolah (US) SD akan Ditambah Jadi 5 Mata Pelajaran. Ini Dia Mata Pelajarannya

Rencana Pemerintah untuk menambah lima soal mata pelajaran Ujian Sekolah (US) untuk tahun 2018, ditanggapi positif oleh Dinas Pendidikan

Ujian Sekolah (US) SD akan Ditambah Jadi 5 Mata Pelajaran. Ini Dia Mata Pelajarannya
SRIPOKU.COM/SYAHRUL
Ilustrasi siswa SD 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Rencana Pemerintah untuk menambah lima soal mata pelajaran Ujian Sekolah (US) untuk tahun 2018, ditanggapi positif oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel).

Pasalnya Disdik menilai penambahan ini tidak lain guna meningkatkan kemampuan siswa.

Apalagi rencananya juga mengubah nama US menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Sebagaimana diketahui ujian akhir untuk siswa SD yang berlaku saat ini bernama ujian sekolah (US) terdiri dari tiga mapel yakni bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Maka itu tahun depan US di SD diganti menjadi USBN.

Adapun kelima mapel yang akan ditambah yakni IPS, PKN, Seni Budaya dan Prakarya (SBDP), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), serta Agama.

Kepala Bidang SMA Disdik Sumsel Boni Syafrian mengatakan memang betul pihaknya sudah mendengar adanya wacana bahwa di tahun 2018 nanti akan ada penambahan Mapel US atau disebut dengan USBN.

"Mengenai masalah penambahan ini kita tidak mempermasalahkan, sebab kita sudah menyerahkan semuanya kepada para perwakilan Musyawarah Guru Mata Peljaran (MGMP)," katanya, Kamis (28/12/2017).

Malahan mereka yang sudah menjadi anggota MGMP, pastinya bisa memilah kesulitan soal mana saja yang cocok dan tepat bagi siswanya.

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved