Mengintip Singapura Negara yang tak Pernah Tidur, Biaya Hidup Tinggi Tapi Prioritaskan Warga Lokal

Sebagai negara paling maju di kawasan Asia Tenggara, Singapura menjadi salah satu negara yang tidak pernah pernah tidur.

Mengintip Singapura Negara yang tak Pernah Tidur, Biaya Hidup Tinggi Tapi Prioritaskan Warga Lokal
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Salah satu sudut negara Singapura. 

Laporan Odi Aria Saputra/Sriwijaya Post

SRIPOKU.COM, SINGAPURA -- Sebagai negara paling maju di kawasan Asia Tenggara, Singapura menjadi salah satu negara yang tidak pernah pernah tidur.

Dari terbitnya matahari sampai kembali terbenam sang surya aktifitas warga di sana hampir tak pernah berhenti.

Biaya hidup yang tinggi di Singapura membuat warga di sana paling tidak harus memiliki gaji sebesar 300 SGD setara Rp 30 juta bagi satu keluarga. Hal itulah yang melatari usia pensiun pegawai di negara tersebut hingga 67 tahun.

Dengan biaya hidup sangat tinggi membuat pasangan suami-istri wajib bekerja agar terpenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Orang Singapura wajib kerja, lihat saja di toko-toko banyak orang tua masih bekerja meski sudah pensiun. Karena memang biaya hidup di sini mahal," ujar Agen perjalanan Singapura, Ling Hock Huat dalam studi banding awak media ke Singapura, (4-6/11/2017).

Singapura
Singapura (SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA)

Gedung-gedung pencakar langit di berbagai sudut dipadu dengan air laut dan sungai bersih menjadi bukti keseriusan pemerintah menjadikan negara berlambang singa tersebut sebagai kawasan modern.

Tata tertib lalu lintas, keamanan ketat hingga keindahan kota di sana menjadi pemandangan menarik tersendiri setiap kali pelancong berwisata ke sana.

Kendati demikian pemerintah setempat tetap memprioritaskan warga lokal dalam berbagai aspek. Seperti harga mobil dan pajak dibuat dengan harga selangit demi terciptanya lingkungan bebas macet.

Sebagai gantinya pemerintah Singapura menyediakan moda transportasi massal MRT dengan tarif hanya 2 SGD atau setara Rp 20 ribu, pedestrian khusus pejalan kaki dan puluhan unit sepeda di berbagai sudut kota.

Halaman
12
Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved