Dosen Ini Imbau Jangan Pilih Cakada Tak Punya Visi Misi Lingkungan. Ini Alasannya.

Dr Yenrizal MSi menghimbau masyarakat jangan memilih calon kepala daerah baik bupati, walikota dan gubernur yang tidak mempunyai visi misi lingkungan.

Dosen Ini Imbau Jangan Pilih Cakada Tak Punya Visi Misi Lingkungan. Ini Alasannya.
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Dr Yenrizal MSi saat menyampaikan materi pada Seminar Jurnalistik Lingkungan di Hotel Horison Ultima Palembang. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pentingnya seorang pemimpin yang berwawasan lingkungan, membuat Dosen Fisip Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Dr Yenrizal MSi menghimbau masyarakat jangan memilih calon kepala daerah (Cakada) baik bupati, walikota dan gubernur yang tidak mempunyai visi misi lingkungan.

Pasalnya lingkungan merupakan tempat tinggal seluruh makhluk hidup jika lingkungan tempat tinggal kita rusak maka kehidupan makhluk hidup juga akan terancam.

"Kalau mereka tetap dipilih maka jangan salahkan kalau Kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah), banjir dan longsor serta kerusakan alam terus terjadi," ungkap Dr Yenrizal MSi pada seminar Jurnalistik Lingkungan dan Pelatihan Kehumasan di Hotel Horison Ultima, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ilir Timur I Palembang, Senin (30/10/2017).

Menurutnya, berbicara masalah lingkungan tidak bisa bicara satu aspek saja, persoalan lingkungan tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat karena membutuhkan waktu dan perencanaan yang matang.

Ia menilai lingkungan bukan dijadikan proyek tetapi lebih kepada objek, tidak sedikit kepala daerah menjadikan lingkungan sebagai proyek karena lingkungan banyak mengandung nilai ekonomis yang tinggi.

"Nah di sini diperlukan peran Jurnalistik lingkungan yang bisa mengangkat isu lingkungan dalam pemberitaan, jurnalistik lingkungan pada umumnya sama dengan jurnalistik lainnya karena yang berbeda pada aspek dan penekanan. Seperti pada saat memberitakan tidak hanya menunggu terjadi bencana baru diberitakan, tetapi lebih aktif memberitakan permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan meski isu lingkungan tidak begitu seksi," jelasnya.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved