Wow! Februari2018 Ujicoba Jalur Rel LRT, Mendekati Stasiun Kereta Melambat Secara Otomatis

"Nanti pada setiap stasiun, akan dipasang sistem otomatis. Sehingga kereta akan memperlambat secara otomatis saat mendekati stasiun."

Wow! Februari2018 Ujicoba Jalur Rel LRT,  Mendekati Stasiun Kereta Melambat Secara Otomatis
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ/DOKUMEN
Pekerja sedang mengerjaan LRT. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Akhir Febuari tahun 20018, PT Waskita Karya akan melakukan uji coba jalur rel LRT. Uji coba dilakukan untuk jalur rel LRT dari Stasiun Jakabaring ke Stasiun OPI.

Tim Ahli PT Waskita Karya untuk LRT Palembang SC Abdillah mengatakan, uji coba jalur rel LRT memang perlu dilakukan.

Meskipun keretanya belum datang, uji coba tetap akan dilakukan. Bahkan direncanakan ada saat uji coba nanti, dilakukan juga sosialisasi kepada masyarakat bagaimana teknis untuk naik angkutan LRT.

"Nanti pada setiap stasiun, kereta akan dipasang sistem otomatis. Sehingga kereta akan memperlambat secara otomatis jika akan mendekati stasiun. Jadi untuk uji coba memang perlu dilakukan," ujar Abdillah.

Dikatakan Abdillah, sistem kelistrikan yang akan dipakai pada LRT Palembang ini adalah sistem penggerak listrik Third Rail.

Sistem ini bisa dikatakan belum ada di negara-negara asia dan hanya ada di negara Eropa.

"Sistem Third Rail ini mungkin baru pertama kalinya digunakan pada LRT di Indonesia. Pada bulan november dan desember nanti, pengerjaan difokuskan untuk sistem signal, kelistrikan dan juga pengerjaan sistemnya," ujarnya.

Mengenai adanya bangunan yang berdekatan dengan jalur LRT, Abdillah sebagai tim ahli sudah mengantisipasi sebelumnya. 

"Salah satunya ada di simpang Charitas yang dekat bangunan, tapi tidak berdampak. Karena LRT ini kereta ringan. Nantinya jalur yang dekat bangunan akan dipasang papan pengaman untuk steril jalurnya," jelas Abdillah.

Penulis: Welly Hadinata
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved