Apakah Kepribadian Memengaruhi Mimpi Saat Tidur?

Seberapa mudah seseorang terlelap ke alam mimpi bisa ditentukan oleh kepribadian dari masing-masing individu.

Apakah Kepribadian Memengaruhi Mimpi Saat Tidur?
http://fruiterest.blogspot.com
Ilustrasi.

SRIPOKU.COM - Seberapa mudah seseorang terlelap ke alam mimpi bisa ditentukan oleh kepribadian dari masing-masing individu.

Menurut sebuah studi terbaru yang melibatkan 1.000 orang di Amerika Serikat, orang yang memiliki kepribadian introvert lebih cenderung mengalami gangguan tidur dibanding mereka yang ekstrovert.

Berita Lainnya:  Mengapa Mimpi Tidak Boleh Diceritakan kepada Orang Lain?

Adapun penelitian ini dilakukan oleh Best Mattress Brand dan melibatkan ciri kepribadian responden yang sudah ditentukan lewat cara Myers Briggs Test.

Seseorang yang lebih menyukai berinteraksi dengan dunia luar digolongkan sebagai ekstrovert, sedangkan seseorang yang lebih memilih dunia dalam dirinya sendiri digolongkan sebagai introvert.

Meskipun beberapa ahli tahu bahwa tes MBT tidak selalu bisa digunakan dalam segala situasi, namun tes ini secara luas dianggap sebagai penanda yang baik dari berbagai karakter.

Nah, setelah peserta mengikuti tes, mereka ditanya serangkaian pertanyaan terkait pengalaman tidur dan mimpi mereka.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa tipe kepribadian berkorelasi dengan kualitas tidur dan apa yang menjadi mimpi dalam tidur kita.

Orang ekstrovert lebih cenderung bisa tidur pulas tanpa terbangun, sehingga tidak mengejutkan bila golongan ini memiliki lebih banyak energi esok harinya dan merasa lebih terjaga.

Kenyataannya, mereka yang ekstrovert 17,7 persen mengaku lebih merasa segar dan bertenaga saat bangun tidur daripada orang introvert.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved