Muaraeim, Lahat, Pagaralam dan OKU Selatan Rawan Longsor, Daerah Lain Langganan Bencana Ini

Memasuki musim hujan saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel telah memetakan daerah yang rawan longsor.

Muaraeim, Lahat, Pagaralam dan OKU Selatan Rawan Longsor, Daerah Lain Langganan Bencana Ini
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI/DOKUMEN
Wabup Muaraenim H Nurul Aman dan rombongan melakukan peninjauan ke titik rawan longsor di sepanajng Jalinsum Muaraenim - Simpang Meo, Jumat (24/2). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Memasuki musim hujan saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel telah memetakan daerah yang rawan longsor.

Pelaksana tugas (Plt) BPBD Sumsel, Iriansyah mengatakan, keempat daerah tersebut yakni Pagaralam, Lahat, Muara Enim dan OKU Selatan.

Meskipun telah dipetakan namun status siaga bencana belum dilakukan karena menunggu hasil rapat koordinasi dengan semua stakeholder dan instansi terkait.

"Musim hujan untuk di Sumsel ada empat daerah yang jadi langganan longsor," jelasnya, Minggu (22/10/2017).

Bencana Longsor : Longsor di Desa Tanjung Kari Kecamatan Pulau Beringin,  Rabu sekitar Pukul 17.30  sore ( 11/10/2017)
Bencana Longsor : Longsor di Desa Tanjung Kari Kecamatan Pulau Beringin,  OKU Selatan sekitar Pukul 17.30 Rabu sore ( 11/10/2017) (SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH/DOKUMEN)

Untuk antisipasi, pihaknya telah menyiapkan personel dan logistik. Namun, untuk saat ini jumlah logistik yang disiapkan belum diketahui jumlah pastinya, sebab berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang didasarkan pada luas wilayah, jumlah penduduk dan tingkat kerawanan bencana.

"Logistik ini berupa makanan siap saji, peralatan dapur, terpal dan lain sebagainya. Untuk jumlahnya masih kembali ke BNPB," beber Iriansyah.

Jalur Lahat-Pagaralam tepatnya di Desa Jati, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat dalan tahap perbaikan akibat longsor beberapa waktu lalu.
Jalur Lahat-Pagaralam tepatnya di Desa Jati, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat dalan tahap perbaikan akibat longsor beberapa waktu lalu. (SRIPOKU.COM/EHDI AMIN) (DOKUMEN)

Selain itu, pihaknya juga telah memetakan wilayah yang rawan banjir dataran rendah seperti Muba, OKI, dan Banyuasin.

"Ketiga daerah ini merupakan daerah pasang surut sehingga pada saat pasang dapat menyebabkan banjir," beber dia.

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved