Breaking News:

Gubernur Sumsel Prihatin Bidang Penegakan Hukum Sedang Dapat Sorotan

Seperti diketahui sudah yang ketujuh kalinya OTT (Operasi Tangkap Tangan) hakim agung di tanah air.

SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Karo Hukum Setda Provinsi Sumsel H Ardani SH MH 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumsel menyampaikan rasa prihatin bidang penegakan hukum sedang mendapat sorotan akhir-akhir ini.

Seperti diketahui sudah yang ketujuh kalinya OTT (Operasi Tangkap Tangan) hakim agung di tanah air.

"Saat ini bidang penegakan hukum sedang mendapat sorotan hampir setiap hari baik melalui pemberitaan media massa maupun media elektronik terutama yang berhubungan dengan tindakan-tindakan yang tidak populer dari aparat penegak hukum," ungkap Karo Hukum Setda Provinsi Sumsel H Ardani SH MH mewakili gubernur pada pengambilan sumpah/janji 112 Advokat baru Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Cabang Palembang di Daira Ballroom (The Daira Hotel), Selasa 10/10/2017).

Ardani mengatakan momen pengambilan sumpah/janji Peradi Palembang ini adalah saat yang tepat bagi untuk bersama-sama melakukan introspeksi diri terhadap apa yang telah kita lakukan sebagai bagian dari aparat penegak hukum.

Advokat khususnya yang tergabung dalam Peradi diharapkan akan dapat menjadi pionir bagi upaya perbaikan dalam penegakan hukum di negeri ini.

"Masalah penegakan hukum memang bukan merupakan masalah yang sederhana, bukan saja karena kompleksitas sistem hukum itu sendiri, tetapi juga rumitnya jalinan hubungan antara sistem hukum dengan sistem sosial, politik, ekonomi, dan budaya masyarakat," ujarnya.

Dalam kaitannya penegakan hukum ini tentu saja peran para advokat sangat diharapkan.

Hal ini dikarenakan profesi advokat juga merupakan penegak hukum hukum yang sejajar dengan instansi penegak hukum lainnya.

Advokat sebagai profesi terhormat (offium nobile) dalam melakukan tugasnya tentu saja tidak bertujuan semata-mata untuk memperoleh inbalan materi tetapi juga mengutamakan tegaknya hukum, kebenaran dan keadilan.

Halaman
12
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved