Mimbar Jumat

Nasehat Imam Al-Ghazali, Jika Panjang Angan-angan dan Hanyut dalam Lamunan

Jika anda suka memperpanjang angan-angan, hanyut dalam lamunan yang tidak wajar, akan timbul empat hal berikut pada diri anda.

Nasehat Imam Al-Ghazali, Jika Panjang Angan-angan dan Hanyut dalam Lamunan
achehcybermilitary
Ilustrasi - Imam Al-Ghazali. 

Aminuddin
Wartawan Sriwijaya Post

SRIPOKU.COM - KETAHUILAH wahai saudaraku...
Jika anda suka memperpanjang angan-angan, hanyut dalam lamunan yang tidak wajar, akan timbul empat hal berikut pada diri anda, yaitu …

Berita Lainnya:  Ini Wasiat Imam Al-Ghazali terkait Pertemanan di Medsos, Nomor 3 Sangat Bahaya, Segera Remove

1. Meninggalkan taat kepada Allah SWT dan bermalas-malasan. Benarlah apa yang dikatakan Dawud At-Thai, “Barangsiapa takut ancaman Allah, maka yang jauh menjadi dekat. Dan barang siapa yang panjang angan-angan, maka buruk amalnya.”

Yahya bin Mu’adz Ar-Razi mengatakan, “Panjang angan-angan (Thulul Amal) itu memutuskan setiap kebaikan, tamak mencegah dari setiap kebenaran, sabar membawa kepada keberuntungan dan nafsu mengajak kepada setiap kejahatan.”

2. Meninggalkan dan menunda-nunda tobat. Dengan entengnya anda berkata, “Nanti sajalah aku bertobat. Hari-hariku masih panjang, aku masih muda, usiaku baru sedikit, tobat berada di depanku dan aku mampu melaksanakannya kapan saja aku mau.” Padahal bisa jadi dihenyakkan oleh kedatangan ajal yang menjemputnya secara tiba-tiba, sementara ia masih berbuat dosa dan belum sempat memperbaiki amalnya.

3. Materialistis. Suka menimbun dan menumpuk-numpuk harta, sibuk mengurusi dunia dan melupakan akherat. Abu Dzar ra berkata, “Aku bisa mati terbunuh oleh angan-angan akan suatu hari yang tidak sempat kutemui.” Kepadanya ditanyakan, “Bagaimana bisa begitu hai Abu Dzar?” Ia menjawab, “Karena angan-anganku melampaui batas umurku.”

4. Kekerasan hati. Hati menjadi keras dan melupakan akherat. Sebab, jika anda berangan-angan akan kehidupan dan panjangnya umur anda, tentu anda menjadi tidak ingat kematian dan melupakan kuburan. Ali bin Abi Thalib Karramallahu Wajhah berkata, “Sesungguhnya yang paling aku takutkan dari anda ada dua hal. Yaitu, panjang angan-angan dan mengikuti hawa nafsu.”

Abu Dzar Al-Ghifari berkata, “Dunia itu hanya tiga jam (saat). Satu jam telah berlalu, satu jam sedang anda jalani, dan satu jam lagi anda tidak tahu, apakah anda menjumpainya atau tidak.”

Nabi Isa as bersabda: “Dunia itu hanya tiga hari, yaitu hari yang telah berlalu, sementara anda tidak memiliki kekuasaan sedikitpun untuk mengendalikannya; hari esok yang tidak anda ketahui, apakah bisa menemukannya atau tidak; hari yang sedang anda jalani ini, maka pergunakannlah kesempatan ini sebaik-baiknya.”

Halaman
1234
Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved