Koramil Peninjauan Bangun WC Umum Gratis di 3 Kecamatan

Bangunan WC umum hasil karya bhakti TNI bersama rakyat ini diserahkan melalui kepala desa masing-masing di wilayah teritorial Koramil Peninjauan.

Penulis: Leni Juwita | Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/LENI JUWITA, REPRO
Danramil 403-02/Peninjauan Kapten Arm Sapri bersama warga membuat WC umum melalui program karya bhakti TNI di Margamulya dan Tanjungmakmur Kecamatan Sinar Peninjauan. 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Leni Juwita

SRIPOKU.COM, BATURAJA - Kodim 0403/OKU melalui Koramil 403-02/Peninjauan membangun puluhan WC umum gratis di 3 kecamatan (Peninjauan, Sinar Peninjauan dan Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya).

Dandim OKU Letkol Inf Mohamad Sjahroni SE didampingi Danramil 403-02/Peninjauan Kapten Arm Sapri kepada Sripoku.com, Senin (02/10/2017) menjelaskan, pada semester II Tahun 2017 sudah membangun 24 unit WC umum secara cuma-cuma.

Bangunan WC umum hasil karya bhakti TNI bersama rakyat ini diserahkan melalui kepala desa masing-masing di wilayah teritorial Koramil Peninjauan.

Dikatakan Dandim, penyerahkan 24 unit jamban umum hasil bangunan Babinsa diterima secara simbolis oleh Kades Tanjungmakmur Kecamatan Sinar Peninjauan Cipto Rustiono S PKP dan Kades Marga mulya Kecamatan Sinar Peninjauan, Subianto.

Dikesempatan itu Danramil Peninjauan mengatakan, puluhan WC umum yang sudah diserahterimakan ini dibangun dalam Program Kegiatan Karya Bhakti Semester II / TA 2017.

Pembuatan jamban umum di wilayah teritorial Koramil Peninjauan ini dipimpin langsung oleh Danramil 403-02/Peninjauan Kapten Arm Sapri beserta anggotanya dan warga di tiga kecamatan.

Danramil 403-02/Peninjauan Kapten Arm Sapri bersama warga membuat WC umum melalui program karya bhakti TNI di Margamulya dan Tanjungmakmur Kecamatan Sinar Peninjauan.
Danramil 403-02/Peninjauan Kapten Arm Sapri bersama warga membuat WC umum melalui program karya bhakti TNI di Margamulya dan Tanjungmakmur Kecamatan Sinar Peninjauan. (SRIPOKU.COM/LENI JUWITA, REPRO)

Kapten Arm Sapri menjelaskan, pembuatan jamban umum ini juga upaya menciptakan kondisi di wilayah binaannya menjadi ramah lingkungan terhindar dari berbagai macam penyakit yang selama ini tidak sehat termotivasi untuk hidup lebih sehat dan sekaligus menjaga kelsetarian Sungai Ogan.

Sungai merupakan salah satu sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dan kebutuhan hidup sehari-hari sudah selayaknya dilakukan berbagai upaya untuk menjaga kelestarian dan kealamiannya.

Apalagi wilayah binaan Koramil Peninjauan posisinya berada di bagian hilir sungai sehingga harus dijaga kelestariannya.

Salah satunya adalah dengan tidak buang air besar (BAB) di sungai.

Terpisah Kades Margamulya Kecamatan Sinar Peninjauan Subianto mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI khususnya Koramil Peninjauan yang sudah memfasilitasi pembangunan jamban umum.

Karena keterbatasan pengetahuan dan ekonomi selama ini warga masyarakat masih terbiasa buang air besar di aliran Sungai Ogan.

Meski diakui ada beberapa rumah tangga yang sudah memiliki jamban keluarga namun kondisi tidak sesuai standar.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved