Antariksa

4 Planet Kembaran Bumi Ditemukan Mengorbit Bintang Mirip Matahari

Sebuah studi baru yang dilakukan tim astronom internasional mengungkapkan bahwa ada empat planet seukuran Bumi mengorbit tau Ceti

Kompas.com
Keempat planet yang terdeteksi di sekitar tau Ceti(Fabo Feng) 

4 Planet Kembaran Bumi Ditemukan Mengorbit Bintang Mirip Matahari

SRIPOKU.COM -- Sebuah studi baru yang dilakukan tim astronom internasional mengungkapkan bahwa ada empat planet seukuran Bumi mengorbit tau Ceti —bintang mirip matahari— yang berjarak 12 tahun cahaya dan terlihat oleh mata telanjang.

\Planet-planet ini memiliki massa 1,7 massa Bumi, yang masuk dalam daftar planet terkecil yang pernah terdeteksi di sekitar tau Ceti.

Dua diantaranya adalah Super Earth —planet ekstra surya dengan massa yang lebih tinggi dari Bumi dan berada di bawah massa raksasa es Tata Surya, Uranus, dan Neptunus —yang terletak di zona bintang layak huni.

Itu berarti, kondisi mereka memungkinkan adanya air di permukaan.

Planet-planet ini dideteksi dengan mengamati goyangan pergerakan tau Ceti.

Teknik yang digunakan cukup peka untuk mendeteksi variasi pergerakan bintang sekecil 30 sentimeter per detik.

“Melalui pemodelan kumpulan data yang sangat canggih dari beberapa pengamat independen, kami dapat menghilangkan kebisingan karena aktivitas permukaan bintang dari sinyal yang sangat kecil.

Sinyal itu dihasilkan oleh tarikan gravitasi dari planet-planet seukuran bumi tersebut,” ujar Steven Vogt, salah satu penulis jurnal sekaligus profesor astronomi dan astrofisika di UC Santa Cruz. Jurnalnya bersama tim kini telah dipublikasikan di Astrophysical Journal.

Menurut penulis utama Fabo Feng dari University of Hertfordshire, UK, para peneliti semakin dekat dengan batas 10 sentimeter per detik yang dibutuhkan untuk mendeteksi analog Bumi.

Halaman
123
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved