Era Kaset Akan Bangkit Lagi

Era Kaset Akan Bangkit Lagi Sebagai Dokumen Memori

Tahun enam puluhan hingga tahun delapan puluhan masyarakat pencinta seni suara dan musik, sangat familiar dengan rilis audi rekaman piringan hitam

Era Kaset Akan Bangkit Lagi Sebagai Dokumen Memori
IST
Padar Kaset bakal bangkit di Cassete Store Day

SRIPOKU.COM ---Tahun enam puluhan hingga tahun delapan puluhan masyarakat pencinta seni suara dan musik, sangat familiar dengan rilis audi seperti pada rekaman piringan hitam atau vinyl atau kaset.

Meski semenjak era digital kesemuanya sudah hampir terlupakan, namun ada tanda-tanda bakak bangkit lagi setelah nyaris hilang ditelan era compact disc (CD) dan semakin tergerus dengan streaming, vinyl dan kaset muncul dan diburu kembali.

Laman The Vinyl Factory pernah merilis bahwa pada tahun 2016, penjualan rilis kaset di Amerika Serikat --sebagai contoh menunjukkan grafik yang luar biasa meningkat, bahkan hasil survei Nielsen Music dijelaskan penjualan album dari kaset meningkat 74%.

Dilaporkan Billboard, 129.000 keping album kaset terjual pada 2016, melonjak dari 74.000 keping dari tahun sebelumnya.

Jumlah itu memang jauh lebih kecil dibandingkan dengan penjualan album vinyl yang mencapai 13,1 juta keping di 2016.

Namun mempertimbangkan bahwa kaset tergolong dead format alias belum memiliki pasar audiophile, lonjakan penjualan tersebut adalah sebuah tanda era kaset sudah tiba.

Beragam pita  kaset  lagu dan music pilihan
Beragam pita kaset lagu dan music pilihan (IST)

Dalam rilis tersebut juga digambarkan bahwa kebangkitan kembali benda ini juga didulang oleh rilis para chart-toppers, musisi yang karyanya selalu masuk daftar teratas.

Seperti album Purpose milik Justin Biebers, The Weeknd (Beauty Behind The Madness), original soundtrack dari Star Wars: The Force Awakens, serta album Yeezus milik Kanye West.

Yang cukup menyita perhartian publik, album-album tersebut banyak yang dijual secara eksklusif di toko musik modern seperti Urban Outfitters yang berkontribusi menjual sebanyak 21% album kaset tahun 2016.

Album lama yang dirilis kembali juga jadi pendongkrak penjualan album kaset.

Halaman
1234
Penulis: Salman Rasyidin
Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved