BRI Palembang Sudah Salurkan 152.203 Kartu BPNT

BRI sendiri dalam hal ini berperan sebagai bank penyalur dan pihaknya hanya sebagai pelaksana dan bukan pengambil kebijakan.

BRI Palembang Sudah Salurkan 152.203 Kartu BPNT
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Kepala Kantor Wilayah BRI Palembang Edy Priono (kiri) saat menyerahkan kartu BPNT secara simbolis 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk wilayah Palembang mencatat hingga 31 Agustus kemarin, telah menyalurkan kartu  Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 152.203 kartu.

Percepatan proses pendistribusian tersebut dilakukan dengan harapan agar masyarakat bisa menggunakan sesuai dengan hak yang mereka miliki.

"sebanyak 152.203 kartu itu adalah penerima yang sudah teridentifikasi. Dari total 159.349 kartu hanya sekitar 4,6 persen yang belum teridentifikasi,"ujar Kepala Kantor Wilayah BRI Palembang, Edy Priono.

4,6 Persen kartu yang belum teridentifikasi tersebut, kata Edy, belum memenuhi syarat dengan acuan basis data dari pemerintah.

Dimana untuk data yang disalurkan ini harus tercantum pada basis data terpadu, dan tidak bisa diubah oleh BRI tanpa proses dan keputusan dari pemerintah.

BRI sendiri dalam hal ini berperan sebagai bank penyalur dan pihaknya hanya sebagai pelaksana dan bukan pengambil kebijakan.

Pasalnya selama proses berlangsung, banyak masyarakat yang bertanya mengapa yang tidak mampu tidak memperoleh kartu sedangkan yang mampu justru memperoleh kartu.

“intinya kami hanya menyalurkan dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga kebijakan yang berkaitan dengan proses penyaluran BRI tidak memiliki hak mengambil keputusan, sehingga masyarakat diharapkan bisa memaklumi kondisi ini," jelasnya.

Sementara itu, untuk Program Keluarga Harapan (PKH) tahap tiga telah menyalurkan 100 persen dengan total penerima sebanyak 28.886 penerima.

"Jumlah penerima di tahap tiga ini cenderung turun dari tahap pertama dan kedua. Penurunan jumlah ini diantaranya kerena pindah rumah, sudah meninggal, maupun sudah tidak layak lagi menerima program bantuan tersebut," ujar Edy.

Sebelumnya, di tahap pertama BRI telah mencatat penyaluran sebesar 99,2 persen dengan jumlah penerima sebanyak 29.720.

Sedangkan untuk tahap kedua dengan jumlah 29.392 penerima sudah disalurkan 99,39 persen. 

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved