HUT ke 72 Kemerdekaan RI

Usai Upacara Bendera, Pejuang Veteran ini Ucapkan Kalimat yang Buat Semua Orang Terharu

Ketika ditanya mengenai kemerdekan RI, Abdul Rozak yang sudah kurang pendengaran dan penglihatan itu dengan tegas dan lantang mengakan. . .

Usai Upacara Bendera, Pejuang Veteran ini Ucapkan Kalimat yang Buat Semua Orang Terharu
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Bupati OKI, H. Iskandar, SE, duduk bersama di kursi seraya menggandengkan dan mengepalkan tangan kanan anggota veteran, Abdul Rozak, asal Desa Ulak Jermun SP Padang, OKI. 

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG -- Bupati OKI, H. Iskandar, SE, ternyata ikut duduk bersama anggota veteran sekaligus pejuang kemerdekaan Tahun 1945.

Di kursi duduk di atas panggung, berjejer para pejuang yang pernah ikut mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, baik itu pria maupun pejuang wanita.

Para veteran ini  justru tampak segar bugar, usai upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 RI, Kamis (17/8/2017) di halaman Pemda OKI.

"Ape kabar pak, sehat ape," ucap Iskandar yang bertanya kepada anggota veteran dengan bahasa daerah asal SP Padang OKI, Desa Ulak Jermun, seraya berjabat tangan.

Iskandar juga menanyakan usia dan kesehatan Abdul Rojak (94), salah seorang veteran yang hadir pada acara tersebut.

"Pak sekarang umur sudah masuk berapa tahun?" tanya Iskandar yang juga meminta kepada wartawan dan masyarakat agar di usia yang semakin tua ini harus pandai-pandai membawa diri untuk menjadi lebih baik.

Ketika ditanya mengenai kemerdekan RI, Abdul Rozak yang sudah kurang pendengaran dan penglihatan itu dengan tegas dan lantang mengatakan bahwa dari mulai kemerdekaan hingga sekarang dirinya belum sepenuhnya menikmati kemerdekaan.

"Kalau ditanya kemerdekaan dan apa yang saya dapat, tidak ada.

Hanya ada bantuan hingga saat ini menerima sebesar Rp 200 ribu selama satu bulan," tutur Abdul didampingi pejuang lainnya, Rosik (89) yang juga masih adik iparnya.

"Saya belum menikmati seutuhnya kemerdekaan ini," kata Abdul.

"Saya berharap pemerintah memberikan fasilitas bangunan rumah kepada anggota veteran

Anggap saja tanda tali kasih dengan veteran yang sudah tua dan tidak bisa bekerja lagi," tutur pria ini.

Penulis: Mat Bodok
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved