Hore! UMKM di Palembang Dapat Pinjaman Rp 3 juta Tanpa Bunga dan Angsuran Setahun

"Penyaluran dana bergulir ini akan dilakukan oleh BPR Pasar, dan tidak dibebankan bunga," ujarnya.

Hore! UMKM di Palembang Dapat Pinjaman Rp 3 juta Tanpa Bunga dan Angsuran Setahun
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ.DOKUMEN
Drs H Sulaiman Amin

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Jelang Asian Games, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi Kota Palembang memberikan dana bergulir kepada pelaku UMKM yang ada di Kota Palembang.

Dana Bergulir ini berasal dari penyertaan modal Pemkot Palembang yang disalurkan kepada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pasar.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Sulaiman Amin, Selasa (8/8) mengatakan, dana bergulir ini akan disalurkan kepada 5000 pelaku UMKM yang ada di Kota Palembang.

"Semua UMKM dari masing-masing kecamatan akan didata dan dalam waktu dekat akan ada pengecakan lapangan kepada UMKM oleh camat dan lurah," ujarnya.

Sulaiman mengatakan, estimasi dana bergulir yang akan digulirkan sebesar Rp 15 miliar, setiap pelaku UMKM akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3 juta per orang.

"Penyaluran dana bergulir ini akan dilakukan oleh BPR Pasar, meskipun penyalurannya melalui BPR Pasar tapi para pelaku UMKM tidak dibebankan bunga," ujarnya.

Sulaiman mengatakan, bantuan dana bergulir yang diberikan kepada pelaku UMKM ini tanpa agunan dan tanpa bunga.

"Pemkot akan memberikan subsidi bunga untuk pinjaman ini, dengan jangka waktu pinjaman selama satu tahun," ujarnya.

Dia menambahkan, jenis usaha yang akan diberikan pembiayaan ini didominasi oleh usaha kuliner. Seperti penjual pempek, bakso, siomay, mi tek tek, gorengan, termasuk pedagang-pedagang kecil di pasar.

"Selain pelaku usaha kuliner, pembiayaan dana bergulir ini juga akan diberikan kepada pelaku usaha lainnya. Karena saat ini Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games, maka dana ini  juga diberikan bagi pelaku UMKM yang bergerak di bidang souvenir dan oleh-oleh," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas UMKM & Koperasi, Hardayani, mengatakan saat ini jumlah pelaku UMKM yang ada di Palembang sebanyak 36000.

"Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan ini terjadi karena adanya event Asian Games mendatang," ujarnya.

Penulis: Siti Olisa
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved