Breaking News:

Kebakaran Lahan dan Hutan di Ogan Ilir, Sudah Ratusan Kali Water Bombing tapi Api Masih Besar

Wilayah yang terjadi kebakaran meliputi Kecamatan Pemulutan Barat di Desa Arisan Jaya dan Ulak Petangisan serta Kecamatan Inderalaya Utara Desa Sungai

Penulis: Yandi Triansyah | Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/YANDI TRIANSYAH, HANDOUT
Petugas satgas darat padamkan api di lahan dan hutan Ogan Ilir, Minggu (6/8/2017) dini hari. 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Yandi Triansyah

SRIPOKU.COM PALEMBANG - Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Ogan Ilir mulai terjadi Sabtu 5 Agustus 2017 pukul 14.00 dan ada yang terbakar mulai pukul 16.00.

Pada pukul 18.00 kebakaran semakin membesar.

Wilayah yang terjadi kebakaran meliputi Kecamatan Pemulutan Barat di Desa Arisan Jaya dan Ulak Petangisan serta Kecamatan Inderalaya Utara Desa Sungai Rambutan atau tepatnya di kiri kanan jalan Palembang Inderalaya dengan titik kebakaran besar sebanyak 6 titik.

Melalui rilis yang diterima Sripoku.com, Senin (7/8/2017), petugas terus berupaya melakukan pemadaman yang telah dilakukan sejak kemarin dengan melibatkan 3 unit helikopter mi 8 dan mi 17 yang berkapasitas bombing 4 ton melakukan 5 kali penerbangan dan melakukan water bombing sebanyak 147 kali water bombing.

Karena keterbatasan waktu terbang hanya sampai pukul 17.30 water bombing tidak dilanjutkan.

Petugas satgas darat padamkan api di lahan dan hutan Ogan Ilir,  Minggu (6/8/2017) dini hari.
Petugas satgas darat padamkan api di lahan dan hutan Ogan Ilir, Minggu (6/8/2017) dini hari. (SRIPOKU.COM/YANDI TRIANSYAH, HANDOUT)

Pemadaman selanjutnya dilaksanakan oleh tim pemadaman darat terdiri dari unsur satgas BPBD Provinsi, BPBD OI, Manggala Agni, Pol PP Provinsi, TNI dan Polri setempat, dan terbatas dalam mobilitas personil dan peralatan, sehingga pemadaman tidak berlanjut sampai dini hari terakhir pemadaman darat pukul 23.12 WIB.

Pemadaman dilanjutkan hari minggu dengan melibatkan 3 unit helikopter Bolkow mi 17 mi 8 kapasitas 4 ton telah melakukan 4 kali penerbangan dengan total water bombing 215 kali serta satu helikopter bolkow dengan kapasitas 500 liter telah melakukan 3 kali penerbangan dengan bombing sebanyak 123 kali.

Pemadaman darat juga terus dilakukan bersama tim gabungan BPBD Provinsi dan Kabupaten OI, Manggala Agni, Pol PP, TNI dan Polri serta tambahan satgas pemadaman dari Kabupaten OKI.

Pada operasi pemadaman darat pagi kemarin Pangdam II Sriwijaya, korem, kodim BPBD Prov Kabupaten, Manggala agni Polres ikut dalam pemadaman darat bersama jajarannya.

Kondisi hari ini terpantau ada 17 titik hotspot di OI yaitu Desa Arisan Jaya Ulak Rambutan Pemulutan dan di sepajang kiri kanan jalan Indralaya.

Operasi pemadaman udara hari ini dilakukan dengan 3 heli MI 17 MI8 dan heli Bolkow dari pukul 8 selesai pada pukul 17.30.

Sebagian api sudah padam dan masih menyisakan spot kecil api kebakaran dan bisa dilanjutkan oleh tim pemadaman darat.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved