Breaking News:

Sungai Musi

Salah satu buktinya barang antik berupa gumpalan timah yang merupakan alat bukti pembayaran ada masa lalu di Palembang.

Penulis: Welly Hadinata | Editor: Tarso
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
Faisal Sazuli, anggota Kompaks yang menunjukan koleksi barang-barang antik miliknya pada pameran Palembang Expo 2017 di Gedung PSCC Palembang, Minggu (30/7/2017). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Terlihat seperti barang yang kurang berharga, namun barang-barang jadul yang dipamerkan di Palembang Expo memiliki nilai sejarah yang tinggi, terutama bagi Kota Palembang .

Barang-barang antik itu yang membuktikan bahwa Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia.

Jejeran barang-barang antik yang dipamerkan anggota Komunitas Pencinta Antik Kreatif Sriwijaya (Kompaks), menarik perhatian pengunjung ada pameran Palembang Expo 2017 di Gedung PSCC Palembang, Minggu (30/7/2017).

Terutama sejumlah koin-koin lama, keramik, dan gumpalan timah yang dulunya merupakan alat pembayaran pada masa lampau.

"Sebagian besar barang-barang antik ini saya dapatkan dari penambang pasir di Sungai Musi. Jadi memang sepanjang aliran Sungai Musi itu masih banyak menyimpan barang-barang antik," ujar Faisal Sazuli, anggota Kompaks yang juga sebagai kolektor barang antik.

Faisal mengatakan, banyaknya barang-barang antik yang didapatkan di perairan Sungai Musi, membuktikan bahwa wilayah Kota Palembang memang kota yang tua.

Salah satu buktinya barang antik berupa gumpalan timah yang merupakan alat bukti pembayaran ada masa lalu di wilayah Kota Palembang.

"Koleksi koin lama saya ini ada dari masa Kerajaan Jambi, Kerajaan Banten dan Kesultanan Palembang. Ada juga koin dari jaman VOC yang berbahan tembaga. Selain itu juga ada berupa keramik peninggalan dinasti ming yang didapatkan di perairan Sungai Musi," ujarnya.

Mengenai harga jual barang-barang antik yang dimilikinya, Faisal mengatakan, memang sering ditawar oleh kolektor lainnya dari Pulau Jawa, namun tidak dijual. Karena barang-barang antik ini sangat langka membuktikan bahwa Kota Palembang ini adalah kota tua di Indonesia.

"Mungkin dengan menyimpan barang antik ini adalah bentuk dari kami dalam menjaga kelestarian sejarah di Palembang. Karena belum tentu semua orang tahu soal sejarah Kota Palembang. Seperti koin asal Portugis yang saya dapatkan, ini membuktikan bahwa dulunya bangsa Portugis itu pernah melintasi Sungai Musi," ujarnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved