Tak ingin Kasus Pungli Terulang, Widodo Rombak Sistem Pelayanan

Sebagai pimpinan di Disdik Sumsel, Widodo menyayangkan kasus gratifikasi yang menjerat empat anak buahnya jadi tersangka.

Tak ingin Kasus Pungli Terulang, Widodo Rombak Sistem Pelayanan
SRIPOKU.COM/DARWIN SEPRIANSYAH
Kadisdik Sumsel Drs Widodo 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Drs Widodo MSi mengatakan bakal melakukan perombakan sistem pelayanan di instansi yang dipimpinnya, agar kasus gratifikasi yang menimpa beberapa pegawainya tidak kembali terulang.

"Tentu akan ada perbaikan, jadi akan ada beberapa langkah untuk mewujudkan itu," katanya ketika ditanyai wartawan usai pemeriksaan di Mapolda Sumsel, Rabu (26/7/2017) malam.

Dikatakan, langkah pertama yakni mendekat antara pegawai Disdik dengan klien, dalam hal ini guru atau lainnya.

Jadi nanti akan ada loket untuk setiap pelayanan dan antri, sehingga hubungan antar keduanya dapat dilakukan secara profesional dan transparan. Kemudian, langkah kedua yakni membentuk pelayanan berbasis online di tiap-tiap daerah, agar proses pelayanan lebih praktis dan efesien.

"Terakhir, saya sekarang mengusulkan ke gubernur untuk membangun (Unit Pelaksana Teknis Dinas) di tiap daerah sehingga guru-guru tidak mesti ke Palembang," katanya.

Sebagai pimpinan di Disdik Sumsel, Widodo menyayangkan kasus gratifikasi hingga menjerat empat anak buahnya yang kini berstatus sebagai tersangka.

Dia pun berharap agar masyarakat jangan dahulu menghakimi sebagai penjahat sebab proses hukumnya belum berakhir dengan putusan hakim, apakah terbukti bersalah atau tidak.

Namun, Widodo secara pribadi tidak membenarkan jika ada pegawainya yang menerima gratifikasi.

"Meski secara adat ketimuran, pemberian itu sering disebut ucapan terima kasih. Kalau ada yang kasih ya ditolak, sebab aturannya tidak boleh," tegasnya.

Sementara itu, Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Kombes Pol Drs Achmad Nurda Alamsyah, yang juga menjabat sebagai Kepala Satgas Saber Pungli mengatakan pihaknya terus melakukan pendalaman terkait kasus pungutan liar di Disdik Sumsel.

Halaman
12
Penulis: Darwin Sepriansyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved