Terkendala Dana, Pembangunan Pedesterian Sudirman Tertunda

Pembangunan lanjutan pedesterian Sudirman harus ditunda sementara waktu, karena terkendala dana.

Terkendala Dana, Pembangunan Pedesterian Sudirman Tertunda
SRIPOKU.COM/SITI OLISA
Suasana pembangunan Pedesterian Sudirman tahap II. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pembangunan lanjutan pedesterian Sudirman harus ditunda sementara waktu, karena terkendala dana.

Karena itu, trotoar yang berhadapan dengan Rumah Makan HAR sebelum Pasar 16 Ilir sampai Masjid Agung belum dikerjakan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda dan Litbang) Kota Palembang, Sapri Nungcik, Kamis (20/7) mengatakan, penataan pedesterian tahap kedua direncanakan mulai dari sebelum Pasar 16 Ilir sampai Masjid Agung, dan diteruskan sampai ke perkantoran Bank Mandiri Pasar Cinde sepanjang 1,5 Kilo Meter (KM).

"Secara keseluruhan pengerjaan penataan trotoar atau pedesterian Sudirman ini sudah lebih 50 persen. Hanya saja karena kekurangan dana, maka pengerjaan tahap kedua ini baru dilakukan mulai dari batas ex jembatan penyeberang orang (JPO) Pasar 16 Ilir hingga perkantoran Bank Mandiri Cinde. Untuk yang belum ini mulai dari rumah makan HAR sampai bundaran Masjid Agung dan seberangnya," ujarnya.

Sapri mengatakan progres pembangunan kawasan ini sudah sampai pada tahap finishing, tinggal memasang bangku-bangku seperti di pedesterian sebelumnya.

"Untuk sampai tahap ini, Pedesterian Sudirman tahap kedua ini sudah menghabiskan dana sebasar Rp 7 miliar," ujarnya.

Sapri juga mengatakan, belum menghitung secara rinci kekurangannya, sebab penyedia dana adalah dari Satuan Kerja (Satker) Perbaikan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Kementrian Pekerjaan Umum sebagai pelaksana pembangunan.

"Meskipun ada kendala, kami tetap optimis pengerjaannya bisa selesai tahun ini, sebelum perhelatan Asian Games 2018 mendatang. Menurutnya, pedestrian di Jalan Sudirman memang harus diperbaiki. Selain bisa untuk mempercantik Kota Palembang, namun juga bisa dijadikan potensi wisata malam. Sehingga nanti kawasan Sudirman jadi terkesan lebih hidup," ujarnya.

Penulis: Siti Olisa
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved