Ternyata Masih Banyak Gigi Siswa SD yang Bolong

"Makanya jangan sering makan sesuatu yang manis dan rutinlah sikat gigi," ujar dokter sembari memeriksa dan menasehati mereka.

Ternyata Masih Banyak Gigi Siswa SD yang Bolong
SRIPOKU.COM/YULIANI
Salah satu siswa kelas IV SDN 157 Palembang saat memeriksa gigi dalam kegiatan promotif preventif yang digelar oleh BPJS Kesehatan Rabu (19/7/2017). 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kendati awalnya terlihat ragu-ragu saat dokter gigi mendekatinya, beberapa siswa SDN 157 Palembang tetap mau mengantre giliran untuk periksa gigi.

Beberapa petugas pun membantu siswa kelas IV ini untuk mau melakukan periksa gigi mereka.

Setelah menerima pengarahan di lapangan sekolah, mereka pun bersiap masuk ke ruang kelas untuk melakikan pemeriksaan.

Beberapa anak terlihat cukup tegang karena akan diperiksa.

"Ternyata masih banyak gigi yang bolong ya. Makanya jangan sering makan sesuatu yang manis dan rutinlah sikat gigi," ujar dokter sembari memeriksa dan menasehati mereka.

Dalam kegiatan promotif preventif yang digelar oleh BPJS Kesehatan ini Rabu (19/7), sekitar 300 siswa diajak untuk mulai membudayakan pola hidup sehat sejak usia dini.

Maka itu siswa diajak untuk melakukan pemeriksaan telinga, gigi dan mulut dalam kegiatan tersebut.

"Memang masalah kesehatan paling sering terjadi pada anak-anak itu biadanya THT dan gigi. Makanya melalui kegiatan ini kita ingin mereka menjaga pola hidup sehagnya sejak masih kecil," ujar dr Erna Wijaya Kesuma MM AAK selaku deputi direksi wilayah Sumsel Kepulauan Babel dan Bengkulu.

Menurutnya, apabila sejak masih usia sekolah dasar saja anak-anak sudah tidak menjaga pola hidup sehatnya, maka saat mereka dewasa bisa beresiko terkena penyakit katastropik seperti jantung, gagal ginjal, kanker, stroke dan sebagainya.

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved