SELAMAT JALAN TAMU-TAMU ALLAH RUJU'IKHTIYARI

Tamu-tamu Allah Kloter pertama dari Sumsel dan Babel berangkat dari Bandara SM Badaruddin II tanggal 04 Agustus 2017

SELAMAT JALAN TAMU-TAMU ALLAH RUJU'IKHTIYARI
ist

Oleh : Drs. H.M. Daud Rusjdi AW

Penulis, Da'i Bid Tadwin/Pengurus Masjid Al Qodr Panca Usaha.

Tamu-tamu Allah Kloter pertama dari Sumsel dan Babel berangkat dari Bandara SM Badaruddin II tanggal 04 Agustus 2017, disusul dengan kloter-kloter birikutnya dan terakhir kloter 18. Dari 200.000 lebih jamaah haji Indonesia akan melaksanakan ibadah haji, 7.035 dari Sumsel Babel.

Ini menandakan bahwa kuota haji untuk Indonesia hampir sama dengan tahun-tahun sebelum dipotong 20% oleh Arab Saudi, sedangkan pendaftar jamaah untuk berhaji kian hari kiat bertambah.

Banyaknya pendaftar jamaah haji terus mengalir dan jauh melampaui kuota merupakan suatu hal yang patut disyukuri sebagai suatu pertanda keberhasilan pembangunan lahiriyah sekaligus keberhasilan pembangunan ruhaniyah.

Namun sebaliknya hal itu juga menjadi tantangan baru yang sudah lama diupayakan yang tidak lepas dari perhatian pemerintah kita.

Karena apabila peningkatan pendaftar setiap tahun terus bertambah sedangkan kuota tetap seperti biasa, maka sebagaimana kita ketahui, daftar tunggu kian membuat barisan panjang yang menunggu keberangkatannya.

Terbatasnya supply dan besarnya demand apabila tidak ditangani secara baik dan sungguh-sungguh kemungkinan besar akan menimbulkan ekses-ekses yang tidak kita harapkan.

Masjidil Haram
Masjidil Haram (ISTIMEWA)

Tatkala kita sedang menundukkan kepala bersholat Idul Adha, di saat itu pula para jamaaah haji Indonesia yang 200.000 lebih itu, bersama jutaan jamaah lainnya dari belahan dunia ini sedang berada di Mina untuk melontar jumroh memperagakan kembali perangnya Nabi Allah Ibrahim AS dengan para Iblis ribuan tahun yang silam.

Sedangkan sebelum itu para jamaah haji telah menyempurnakan ibadah hajinya dengan wukuf di Padang Arafah.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved