Aksi Cepat Tanggap

Indonesia Berqurban: Satu Indonesia, Berqurban Terbaik untuk Dunia

Global Qurban menjadi ikon kepedulian muslim kepada dunia melalui instrumen ibadah kurban.

Indonesia Berqurban: Satu Indonesia, Berqurban Terbaik untuk Dunia
Ist

SRIPOKU.COM, JAKARTA -– Global Qurban menjadi ikon kepedulian muslim kepada dunia melalui instrumen ibadah kurban. Sebagai ibadah kurban yang memiliki dimensi ekonomi, memberi peluang lembaga ini melakukan strategi berkurban yang tak hanya karitatif tetapi juga ekonomi produktif. Inilah yang kemudian mendorong munculnya program Global Qurban yang menggarap aktivitas berkurban dari hulu sampai hilir.

Idul Adha menjadi momen yang ditunggu-tunggu seluruh muslim di dunia. Antusias kurban menjalar, mulai dari penyedia hewan kurban, pekurban, hingga penerima manfaat. Kebahagiaan berkurban dari Indonesia untuk dunia senantiasa terekam dalam enam tahun kiprah Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap dalam menyalurkan amanah para pekurban. Pelosok-pelosok Indonesia disapa, tak ketinggalan warga mancanegara yang masih hidup dalam bayang-bayang konflik kemanusiaan. Selain mengajak umat meraih takwa, ibadah kurban juga menebarkan kebahagian untuk semua.

Tanpa disadari, kebahagiaan berkurban menyatukan serta mengeratkan rasa kasih sayang di antara mereka yang tak saling mengenal. Bisa dibilang suasana inilah yang tengah dirindukan oleh bangsa Indonesia, di mana kemajemukan masyarakatnya sedang diuji. Dengan semangat menyatukan bangsa, tahun ini Global Qurban mengusung tema “Indonesia Berqurban”.

“Indonesia Berqurban” akan mengajak masyarakat Indonesia untuk bersatu dalam kebahagiaan kurban yang universal. Seperti  yang dirilis ke meja redaksi Sripoku.com, menurut Vice President ACT Rini Maryani, gerakan "Indonesia Berqurban" diharapkan mampu meredam pelbagai isu disintegrasi bangsa yang tengah menghantui Indonesia saat ini.

“Ancaman disentegrasi bangsa tengah menghantui negara majemuk ini. Oleh karena itulah, GQ tahun ini mengangkat isu kebangsaan dengan tema “Indonesia Berqurban”. Selain itu, momen persiapan pelaksanaan Global Qurban yang beriringan dengan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (17 Agustus) juga menjadi latar belakang kami memilih tema tersebut,” terangnya.

Rini sangat optimis program kurban GQ bisa menyatukan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat. Dengan demikian, Indonesia bisa berbuat banyak dan menjadi bangsa yang besar. Implementasi Program GQ di sejumlah negara selalu membawa bendera Indonesia, sehingga GQ sejatinya adalah duta kemanusiaan Indonesia untuk masyarakat dunia.

"Program-program global ACT seperti Global Qurban dan Kapal Kemanusiaan selalu mengatasnamakan bangsa Indonesia. Bendera Indonesia selalu dikibarkan ACT saat misi kemanusian dijalankan,” tegasnya.

Rini mengungkapkan, program GQ memiliki cakupan dan sasaran implementasi yang paling luas dibanding dengan program-program kemanusiaan ACT lainnya. “Program Global Qurban menyasar sejumlah negara di dunia. Sementara itu, Program Kapal Kemanusiaan baru menyasar sejumlah wilayah terdampak bencana kelaparan seperti Afrika dan Yaman. Ini artinya GQ bisa menyatukan dan 'mengemas' warga Indonesia dalam berbagi kepedulian terhadap umat di dunia. Insya Allah program ini rahmatan lil’alamin,” tuturnya.

Tahun lalu, GQ sukses mendistribusikan hewan kurban ke seluruh penjuru Indonesia serta 31 negara lainnya. Tahun ini, GQ masih akan menyapa seluruh provinsi di Indonesia sekaligus 40 negara pra-sejahtera dan yang terpapar konflik kemanusiaan.

Peningkatan Global Qurban Setiap Tahunnya

Pemotongan hewan kurban/Ilustrasi
Pemotongan hewan kurban/Ilustrasi (SRIPOKU.COM/SYAHRUL HIDAYAT)

Setiap tahunnya, GQ terus mengalami peningkatan yang siginifikan. Peningkatan terjadi karena pemahaman dan kesadaran masyarakat muslim Indonesia tentang ibadah kurban terus berkembang. Selain itu, para pekurban yang berkurban di GQ semakin percaya dengan lembaga ini dengan inovasi-inovasi yang dijalankan, profesionalitas, serta transparansinya.

Tak hanya itu, jumlah hewan kurban yang didistribusikan oleh GQ terus mengalami peningkatan. Tahun 2012, GQ berhasil mendistribusikan 2.580 ekor setara kambing. Sementara setahun setelahnya, jumlah tersebut melonjak hingga 3.508 ekor. Angka ini semakin meningkat tiap tahunnya, yakni 5.008 ekor pada 2014, 10.526 ekor pada 2015, dan 16.574 ekor pada 2016.

Peningkatan jumlah hewan kurban tersebut secara otomatis menambah total pemetik manfaat dari program ini. Tahun 2012, GQ mampu menebar kebahagiaan kurban kepada 129.000 warga pra-sejahtera serta korban bencana alam dan kemanusiaan. Sementara tahun lalu, angka tersebut melambung hingga 1.442.290 penerima manfaat di seluruh dunia.

Inilah Indonesia, dengan kepedulian masyarakatnya yang majemuk, mampu hantarkan kebahagiaan berkurban hingga ke belahan dunia lainnya. Dengan semangat yang sama, Insya Allah tahun ini satu Indonesia, mampu berqurbanterbaik untuk dunia.

Penulis: Salman Rasyidin
Editor: Salman Rasyidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved