Kecamatan Jakabaring dan IT Tiga Disetujui Kemendagri

Pemekaran kecamatan yang direncanakan sejak 2009 lalu akhirnya mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kecamatan Jakabaring dan IT Tiga Disetujui Kemendagri
SRIPOKU.COM/SITI OLISA

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pemekaran kecamatan yang direncanakan sejak 2009 lalu akhirnya mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Berdasarkan SK No 136/ 4123 /BAK, Kemendagri menyetujui pembentukan Kecamatan Jakabaring dan Kecamatan Ilir Timur Tiga, Sehingga jumlah kecamatan yang ada di Kota Palembang menjadi 18 kecamatan.

Direktur Dekonstrasi Tugas Pembantuan dan Kerja sama Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Dr. Rizari, MBA, M.Si, usai mengantarkan surat pemberitahuan kepada Pemkot Palembang, Kamis (6/7/2017) mengatakan, dasar teknis administrasi jumlah penduduk luas wilayah jumlah keluruhan lebih dari lima dan umur kelurahannyA lebih dari lima tahun

Rizari menjelaskan, prosesnya melalui rancangan peraturan daerah (Raperda) yang sudah dibahas bersama eksekutif dan legislatif disampaikan kepada gubernur untuk dievaluasi.

Kemudian gubernur menyampaikan kepada Mendagri untuk dievaluasi dari sisi dasar teknis syarat dan lain sebagainnya.

"Setelah selesai, Kemendagri kembali menyampaikan persetujuannya melalui gubernur sebagai wakil pemerintah puasa dan gubernur kemudian meminta kepada walikota untuk mempersiapkan kode registrasi Perda. Walikota bersama DPRD menetapkan Perda, nah hasil Perda ini disampaikan kembali kepada gubernur sekaligus meminta kode wilayah," ujarnya.

Rizari menambahkan, permintaan walikota untuk mendapatkan kode wilayah disampikan kepada Kemendagri.

"Kemudian Kemendagri menetapkan kode wilayah dengan menetapkan Permendagri. Sekarang sudah bisa diproses dengan pengesahan perdanya oleh walikota bersama DPRD, dua kecamatan ini akan segera mendapatkan kode wilayah," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemkot Palembang, Harobin Mastofa mengatakan, peresmian dua kecamatan ini akan berbarengan dengan pelantikan camat, dan peletakan batu pertama kantor kecamatan IT Tiga dan Jakabaring.

"Secepatnya akan dilaunching pada Agustus mendatang, karena harus mengesahkan Raperda dulu. Tapi intinya dua kecamatan ini sudah disetujui oleh Kemendagri," ujarnya.

Penulis: Siti Olisa
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved