Bendungan Temef NTT Bisa Atasi Banjir di Kabupaten Malaka

Bendungan Temef di Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), diyakini akan mengatasi persoalan banjir di Kabup

Bendungan Temef NTT Bisa Atasi Banjir di Kabupaten Malaka
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Ilustrasi - Bendung Perjaya yang berlokasi di Desa Perjaya menjadi urat nadi pertanian masyarakat OKU Timur. 

SRIPOKU.COM , KUPANG - Bendungan Temef di Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), diyakini akan mengatasi persoalan banjir di Kabupaten Malaka yang letaknya berdekatan dengan TTS.

Berita Lainnya:
Akhir 2016, Konstruksi Tiga Bendungan Dimulai

Anggota DPRD Provinsi NTT Jefry Un Banunaek mengatakan, saat ini Pemerintah Daerah (pemda) Kabupaten TTS harus segera melakukan koordinasi dengan pemerintah Provinsi NTT.

Koordinasi yang dimaksudkan lanjut Jefry bersama-sama menyelesaikan pembebasan tanah yang akan digunakan untuk pembangunan bendungan besar itu.

"Kami dapat informasi rencana pembangunan mulai dibangun pada akhir tahun 2017 ini. Kami minta harus ada koordinasi segera antara Pemda TTS dan Pemprov NTT," kata Jefry kepada KompasProperti, Jumat (30/6/2017).

Manfaat bendungan Temef, lanjut Jefry, bisa untuk memenuhi kebutuhan air baku, menyuplai untuk kebutuhan usaha pertanian, peternakan dan menghasilkan listrik.

"Bendungan Temef salah satunya yakni juga mengatasi persoalan banjir yang melanda Kabupaten Malaka yang artinya Pemprov juga pantas ambil bagian karena menyelesaikan persoalan lintas Kabupaten," sebutnya.

Bendungan Temef yang berada di Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), akan menjadi bendungan terbesar di provinsi yang berbatasan dengan Negara Timor Leste dan Australia.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya mengatakan, dengan kapasitas yang besar itu nantinya Bendungan Temef mampu mengairi kawasan persawahan di dua kabupaten yakni TTS dan Kabupaten Malaka.

"Jika bendungan di Temef bisa dibangun akan menjadi bendungan terbesar di NTT dengan kapasitas tampung mencapai 80 juta kubik air," jalas Lebu Raya.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved