Breaking News:

Lebaran 2017

Takbir Berkumandang di Satu-satunya Masjid yang Berdampingan dengan Vihara dan Gereja

Gema takbir teriring menandai hari kemenangan umat Islam yang telah menyelesaikan ibadah puasa ramadan sebulan penuh.

SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Khalifah takbiran, Irham Hidayat, mengkhalifahi takbiran di Masjid Sabililhaq. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Gema takbir teriring menandai hari kemenangan umat Islam yang telah menyelesaikan ibadah puasa ramadan sebulan penuh.

Seluruh masjid mengumandangkan takbir, seperti juga di Masjid Sabililhaq, Jalan Semeru, 17 Ilir, Lapangan Hatta, Sabtu (23/6/2017) yang cukup heterogen karena berdampingan dengan kawasan pecinan.

"Alhamdulillah masjid kita ini satu-satunya masjid yang berdampingan dengan vihara dan gereja. Namun tetap rukun karena kita sama-sama menjaga dan menghormati antar umat beragama," ungkap Irham, salah seorang warga.

Mulai pukul 19.00 WIB, puluhan pria dan anak-anak antusias secara bersamaan mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil, diselingi sholat Isya, barulah kembali dilanjutkan kembali.

"Ini sudah rutin kita laksanakan. Pas habis sholat Isya tadi banyak orang-orang tua yang ikut. Selesai pukul 21.00 karena untuk sekalian menyelesaikan pembagian zakat fitrah. Harus disudahkan malam ini," kata Irham yang juga berprofesi sebagai penjaga sekolah SMPN 6 Palembang.

Menyikapi adanya larangan pemerintah dan pihak kepolisian agar tidak menggelar takbiran di jalan dengan berkendara, pria lulusan MAN 1 Palembang yang memang sejak bujang mengurusi masjid ini memberikan tanggapannya.

"Sebenarnya lebih bagusnya di masjid, syiarnya. Karena situasi jalan lagi macet. Kalau terkoordinir mungkinlah. Tapi karena situasi," ujar bapak empat anak ini.

Nampak antusias anak-anak dan remaja juga cukup tinggi mengikuti takbiran di masjid.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved