Lury Elza Alex Noerdin Ambil Formulir, Penjaringan Balon Semakin Kompetitif

Pengamat Sosial Politik Unsri, Joko Siswanto menilai semakin banyaknya Bakal Calon Walikota Palembang menunjukkan akan semakin kompetitif.

Lury Elza Alex Noerdin Ambil Formulir, Penjaringan Balon Semakin Kompetitif
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ/DOKUMEN
Pengamat sosial dan politik Unsri, Drs H Joko Siswanto MSi 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Putri bungsu Gubernur Sumsel, Hj Lury Elza Alex Noerdin mengambil berkas pendaftaran sebagai Bakal Cawako di PDIP Kota Palembang, Kamis (25/5/2017).

Pengamat Sosial Politik Unsri, Joko Siswanto menilai semakin banyaknya Bakal Calon Walikota Palembang menunjukkan akan semakin kompetitif.

"Harus dicatat setiap warga negara silahkan jadi kepala daerah. Hak dia untuk dipilih. Dalam proses pemilihan partai yang nentukan. Ada mekanisme. Proses rekrutmen Kepala Daerah dilakukan transparan dan demokratis. Partai akan menyeleksi terhadap kapabilitas yang ngambil formulir pendaftaran. Harus punya integritas, partai harus melakukan survei melihat rangking tertinggi. Bukan partai yang nentukan, tapi masyarakat. Siapa yang elektabilitasnya paling tinggi. Ini menunjukkan kompetitif," kata Joko.

Dengan sama-samanya mencalonkan diri sebagai Balon Palembang satu, membuat sulit calon seperti Mularis dan Sarimuda untuk menjadikannya Bakal Calon Wakilnya.

"Masing-masing pribadi negosiasi. Parpol punya daya jangkau nggak yang dianggap kapabel, layak dijual. Dari institusi yang berhak Ketua PDIP Palembang Ir H Zulfikri Kadir juga harus terjun. Buat apa jadi partai besar, pengusung Walikota Romi Herton pada waktu itu harus punya komitmen dan integritas. Tinggal siapa nanti yang tinggi poinnya. Kalau Sarimuda karena dia tidak jadi anggota partai manapun, dia harus berusaha mendekati partai mana yang bisa mendukungnya. Mularis yang hanya memiliki 3 kursi juga harus berkomunikasi untuk menambah koalisi," pungkasnya.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved