Koramil Baturaja Bangun 24 WC Umum Secara Cuma-cuma

Dandim OKU didampingi Kapten Inf Johani SAg menjelaskan, WC yang dibangun berukuran 2 M X 2 M ini dibangun TNI bersama masyarakat dalam program jamban

Penulis: Leni Juwita | Editor: Sudarwan
IST
TNI dari Koramil 403-12 Kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu sedang membuat WC Umum secara cuma-cuma dalam progam jambanisasi. 

SRIPOKU.COM, BATURAJA - Kodim 0403/OKU melalui anggota Koramil 403-12 Baturaja Kabupaten Ogan Komering pada semester I Tahun 2017, sudah membangun 24 WC umum secara cuma-cuma.

Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Inf Mohammad Sjahroni SE didampingi Danramil 403-12 Baturaja Kapten Inf Johani SAg kepada Sripoku.com, Senin (22/05/2017) menjelaskan, pembangunan WC umum tersebar di wilayah teritorial Koramil Baturaja meliputi di Kecamatan Baturaja Timur, masing-masing di Kelurahan Sepancar Lawangkulon sebanyak 8 unit, di Kelurahan Kemelak Bindunglangit sebanyak 8 unit dan di Desa Batuwinagun Kecamatan Lubukraja sebanyak 8 unit.

Di kesempatan itu Dandim OKU didampingi Kapten Inf Johani SAg menjelaskan, WC yang dibangun berukuran 2 M X 2 M ini dibangun TNI bersama masyarakat dalam program jambanisasi.

Pembangunan WC secara cuma cuma dikomandoi oleh Danramil Kota Kapten Inf Johani SAg.

Harapannya dengan sudah tersedianya fasilitas jamban warga tidak BAB sembarangan.

"Kita khawatir muncul penyakit menular melalui kotoran seperti muntaber," ujar Danramil.

Dikatakan Danramil, WC umum yang baru dibangun TNI bersama rakyat ini langsung dimanfaatkan warga apalagi saat ini menghadapi bulan Ramadan ini aktivitas makan minum dilakukan malam hari sehingga sangat membantu warga yang tidak memiliki jamban keluarga.

Sumber airnya didatangkan dari sumur-sumur warga dan dengan sistem gotong royong mengisi bak penampungan air yang sudah disiapkan.

Dikatakan Dandim, tujuan pembuatan jamban umum ini memang untuk memotivasi warga menjaga kesehatan lingkungan.

Untuk memberikan pemahaman kepada warga tentang pentingnya jamban, TNI langsung memberikan contoh, bagaimana cara membuat jamban yang memenuhi standar sehingga layak digunakan.

Dikatakan Dandim, program pembangunan jambanisasi ini masih akan terus berlanjut, yang dibidik adalah keluarga yang kurang mampu yang selama ini masih terbiasa BAB sembarangan.

Program jambanisasi yang pembangunannya difasilitasi TNI jajaran Kodim 0403/OKU bertujuan untuk membantu pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved