Waspadai Menggunakan Kandungan Berbahaya Ini Saat Ramadhan

Kami mengimbau masyarakat untuk cerdas memilih sebelum membeli. Jadi yang perlu diwaspadai yakni peredaran produk yang tidak memenuhi syarat.

vemale.com
Kosmetik 

SRIPOKU.COM, YOGYA - Menjelang Ramadan dan Lebaran, peredaran makanan dan komestik meningkat tajam.

Hal tersebut yang diungkapkan Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan DIY, I Gusti Ayu Adhi Arya Patni, belum lama ini. Ia pun mengimbau masyarakat untuk selektif memilih produk agar terhindar dari kandungan berbahaya.

"Kami mengimbau masyarakat untuk cerdas memilih sebelum membeli. Jadi yang perlu diwaspadai yakni peredaran produk yang tidak memenuhi syarat, yang ini dianggap sebagai peluang oleh oknum yang tidak bertanggungjawab," bebernya.

Terkadang, lanjutnya, konsumen membeli produk terutama kosmetik yang tidak sesuai dengan keperluannya, melainkan hanya bermodal ikut-ikutan orang lain.

"Lalu kalau dikasih diskon harus waspada. Produk diskon itu sudah expired atau menjelang expired. Itu harus dilihat karena nanti kita yang rugi," ucapnya.

Berdasarkan sidak yang dilakukan pihaknya, kosmetik dengan kandungan bahan berbahaya maupun expired ditemukan di pasar tradisional. Walaupun satu dua produk juga ditemukan di supermarket.

Adapun kandungan berbahaya dalam kosmetik, dijelaskannya berupa mercury, hydroquinone, dan retinoat. Khusus untuk mercury penggunaan dalam kosmetik sudah jelas dilarang.

Sementara hydroquinone dan retinoat boleh digunakan untuk obat yang mana dalam pengawasan dokter spesialis kulit, bukan dokter kecantikan. (*)

Berita ini telah dipublikasikan di situs Tribun Jogja dengan judul:

Jelang Ramadan, Konsumen Diimbau Waspada terhadap Kandungan Kosmetik Berbahaya

Editor: ewis herwis
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved