155 Anggota OPM Kelompok Telenggen Kembali ke Pangkuan NKRI

kelompok Telenggen juga menjadi salah satu kelompok sipil bersenjata yang paling berpengaruh dalam beberapa konflik di tahun terakhir.

155 Anggota OPM Kelompok Telenggen Kembali ke Pangkuan NKRI
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi OPM

SRIPOKU.COM,PAPUA - Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, masih terisolasi. Tidak ada akses jalan untuk mencapai distrik Sinak, kecuali menggunakan pesawat kecil jenis Cessna.

Di distrik inilah simpatisan Papua Merdeka (OPM)'>Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak tersebar. Kembalinya 155 anggota Kelompok Telenggen ke pangkuan NKRI merupakan prestasi tersendiri bagi TNI.

Sebab, kelompok Telenggen juga menjadi salah satu kelompok sipil bersenjata yang paling berpengaruh dalam beberapa konflik di tahun terakhir.

Keberhasilan itu tak lepas dari strategi TNI dalam melakukan pembinaan teritorial untuk menarik para simpatisan OPM.

Utaringgen Talenggen, selaku pimpinan kelompok yang turun gunung mengaku terkesan atas perhatian pemerintah terkait pembangunan di Sinak.

Mulai dari jalan raya hingga Honai, rumah hunian khas Papua. Pembangunan inilah yang membuat dirinya meninggalkan OPM dan bergabung ke NKRI.

Pemerintahan Distrik Sinak sendiri berjanji akan memenuhi segala kebutuhan eks simpatisan OPM ini. Selain tempat tinggal, pemerintah distrik juga akan memberikan pekerjaan kepada mereka.(*)

Editor: Tarso
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved