Racik Sabu untuk Pengobatan, Aktor Malaysia Ditangkap di Medan

Aktor Malaysia yang ditangkap di Bandara Kualanamu, Medan, karena membawa sabu, Khaeryll Benjamin alias Benjy (38), mengaku pernah meracik sabu selama

Racik Sabu untuk Pengobatan, Aktor Malaysia Ditangkap di Medan
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM, MEDAN - Aktor Malaysia yang ditangkap di Bandara Kualanamu, Medan, karena membawa sabu, Khaeryll Benjamin alias Benjy (38), mengaku pernah meracik sabu selama dua tahun untuk membiaya pengobatan ibunya yang menderita kanker.

Berita Lainnya:  Satu dari Pengedar 10 Kilogram Sabu dan 30 Ribu Ekstasi adalah Bos Showroom Mobil

"Tersangka mengaku, kepandaiannya meracik sabu dipelajarinya dari internet sejak 2007 lalu," kata Kasubdit II Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut AKBP Hilman Wijaya, Jumat (28/4/2017).

Benjy yang merupakan warga Petaling Jaya Malaysia itu mendekam di tahanan Mapolda Sumatera Utara sejak 10 hari lalu.

Ia diamankan petugas Customs Narcotic Team (CNT) Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Type Madya (KPPBC TMP) B Kuala Namu International Airport (KNIA) dan Tim K-9 Kanwil DJBC Sumut di Terminal Kedatangan Internasional KNIA pada Selasa (18/4/2017) malam.

Dari tubuh penumpang Malindo Air dengan Nomor Penerbangan OD-322 Kuala Lumpur-KNIA ini, disita dua paket sabu yang dikemas dalam plastik tipis biru yang disimpan di duburnya.

Hilman mengatakan, setelah menerima pelimpahan tersangka dari bea cukai, pihaknya langsung melakukan penyidikan dan mengenakan tersangka dengan Pasal 113 Subs Pasal 112 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya, lima tahun penjara.

"Barang bukti sabu yang kita dari tersangka seberat 4,5 gram, bukan 14 gram, sisanya 9,5 gram hanya plastik bungkusan. Tersangka kita kenakan pasal pemakai, kita masih melakukan penyelidikan dan pengembangan," kata Hilman.

Selama proses penyelidikan, lanjut dia, pihaknya berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal Malaysia.

Dari koordinasi ini diketahui bahwa tersangka pernah dituntut hukuman mati pada 2010 atas kasus yang sama di Malaysia. Namun, dalam proses persidangan, tersangka dibebaskan.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved