BMKG: Cuaca Panas di Palembang Capai 33 Derajat Celcius

Cuaca panas yang terjadi dalam sepekan terakhir ini dikarenakan posisi matahari masih di sebelah utara ekuator.

BMKG: Cuaca Panas di Palembang Capai 33 Derajat Celcius
ISTIMEWA
Istimewa 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --Cuaca panas akibat sinar terik matahari, sangat begitu dirasakan warga Palembang dalam beberapa hari terakhir.

Terutama cuaca panas pada siang hari yang tidak seperti hari-hari sebelumnya.

Berdasarkan pantauan BMKG SMB II Palembang, cuaca panas yang terjadi dalam sepekan terakhir ini dikarenakan posisi matahari masih di sebelah utara ekuator. Selain itu juga wilayah udara Palembang dan sekitarnya minim diselimuti awan.

"Memang sepekan terakhir ini cuaca panas, wilayah udara Palembang sekitarnya kebetulan minim awan sehingga sinar terik matahari masuk ke bumi yang tidak tertutup awan," ujar Agus Sentosa, Kasi Observasi BMKG SMB II Palembang, Rabu (12/4/2017).

Agus menjelaskan, posisi matahari yang masih di sebelah utara ekuator memang mempengaruhi cuaca panas. Diprediksi sepanjang bulan Mei, cuaca panas akan terus terjadi selagi belum ada pergeseran gerak dari posisi matahari.

"Untuk tingkatan suhu cuaca panasnya, untuk hari ini paling tinggi mencapai 33 derajat celcius. Tapi suhu itu masih normal, jika di atas 35 derajat celcius baru dikategorikan suhu panas yang ekstrim," ujar Agus.

Meskipun diprediksi sepanjang bulan Mei terus mengalami cuaca panas, Agus mengatakan, potensi turunnya hujan tetap terjadi. Dikarenakan cuaca panas tentu adanya penguapan air yang membentuk awan konventif atau awan potensi hujan.

"Biasanya jika siang cuaca panas, diprediksi malam harinya berpotensi hujan. Dari pantauan beberapa terahir ini, memang hujan terjadi pada malam hari. Intinya sepanjang bulan Mei ini memang cuaca panas," ujarnya. (Editor: Yuliani)

Penulis: Welly Hadinata
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved