PT. KAI Miliki Rail Clinic. Dua Gerbong Dengan Fasilitas Lengkap

Dua kereta retroit tersebut merupakan eks Kereta Rel Diatas (KRD) Bandung Raya yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan

PT. KAI Miliki Rail Clinic. Dua Gerbong Dengan Fasilitas Lengkap
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Salah satu warga saat melakukan pengobatan dan pengecekan kesehatan di Rail Clinik milik PT. KAI yang dirancang untuk menjadi klinik berjalan dengan fasilitas dan tenaga medis memadai. 

SRIPOKU.COM, MARTAPURA -- Sebagai bentuk kepedulian PT. Kereta Api Indonesia (KAI) kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar stasiun Martapura, Selasa (4/4/2017,) PT. KAI menggelar bakti sosial berupa pelayanan pelayanan kesehatan gratis dengan menggunakan Rail CliniC yang menggunakan dua gerbong.

Dua kereta retroit tersebut merupakan eks Kereta Rel Diatas (KRD) Bandung Raya yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan. Masing-masing gerbong memikiki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda.

Kepala PT. KAI Divre IV Tanjungkarang, Suryawan, ketika dikonfirmasi mengatakan pelayanan kesehatan tersebut merupakan bentuk kepedulian KAI kepada masyarakat dengan harapan masyarakat sekitar juga dapat turut serta menjaga aset PT. KAI yang ada.

“Ini juga merupakan salah satu bentuk tannggung jawab sosial kami kepada masyarakat, terutama yang tinggal di sepanjang lintas rel KA. Kami juga berharap agar masyarakat dapat menjaga kelancaran perjalanan KAI disepanjang jalur kereta,” katanya.

Rail Clinic sendiri, lanjutnya, merupakan poliklinik berjalan dengan masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda. Namun untuk fasilitas pelayanan kesehatan yang ada merupakan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan kesehatan tingkat pertama.

“Seperti pada kereta pertama, seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar atau CPR, alat monitoring pasien, alat kejut jantung, tindakan beda minor, rekam jantung hingga penanganan kasus trauma ada,” katanya.

Sedangkan di rangkaian kereta kedua terdapat fasilitas untuk tindakan persalinan, ruang pemeriksaan umum dan edukasi serta ruang farmasi. Selain itu pihaknya juga sudah didukung oleh tenaga medis, dokter umum, dokter gigi, dokter kandungan, bidan, apoteker, petugas lab dan petugas polimata.

Sementara Kepala Stasiun Martapura, Citra, menambahkan jika bakti sosial Rail Clinic tersebut merupakan yang pertamakali dilaksanakan. Namun setelah melihat respon dan antusias masyarakat yang sangat tinggi, maka pihaknya kemungkinan akan menjadwalkan kegiatan serupa secara rutin.

Penulis: Evan Hendra
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved