Ingin Masuk Universitas Pertamina? Ini Caranya

Pendaftaran ujian masuk periode April sudah bisa dibuka pada 6 Maret hingga 7 April 2017 mendatang dan dilaksanakan secara serentak di sembilan kota

Ingin Masuk Universitas Pertamina? Ini Caranya
Mahasiswa ilustrasi

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Siswa-siswi asal Palembang mempunyai peluang untuk masuk Universitas Pertamina di Jakarta.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online mulai dari 6 Maret hingga 7 April mendatang.

Untuk melakukan pendaftaran, calon peserta bisa melakukan penfatran secara online melalui website https://universitaspertamina.ac.id/akademik/pendaftaran.

Wakil Rektor I Universitas Pertamina, Prof Setya Ichsan Putra, Selasa (4/4/2018) mengatakan, setelah sukses mengadakan seleksi ujian masuk pada tahun 2016/2017 dengan jumlah mahasiswa yang diterima sebanyak 1.235 mahasiswa, Universitas Pertamina akan segera menggelar ujian masuk untuk Tahun Akademik 2017/2018 di sejumlah kota besar di Indonesia.

Setya mengatakan pendaftaran ujian masuk periode April sudah bisa dibuka pada 6 Maret hingga 7 April 2017 mendatang dan dilaksanakan secara serentak di sembilan kota besar di Indonesia, Medan, Pekanbaru, Palembang, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar pada 15 April 2017.

Sedangkan periode kedua akan dilaksanakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Malang secara serentak pada 20 Mei 2017 dengan waktu pendaftaran ujian yaitu 22 Mei hingga 2 Juli 2017.

Adapun pendaftaran untuk periode terakhir akan dibuka pada 22 Mei hingga 2 Juli 2017 dan diselenggarakan di Jakarta pada 9 Juli 2016.

"Meskipun terdapat perbedaan pada biaya dan materi ujian, secara keseluruhan persyaratan dan ketentuan untuk mengikuti ujian masuk pada tahun ini tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu. Peserta dihimbau untuk membaca proses bisnis dan pertanyaan yang sering diajukan di laman HYPERLINK "https://universitaspertamina.ac.id/akademik/pendaftaran" https://universitaspertamina.ac.id/akademik/pendaftaran kemudian melanjutkan pendaftaran secara online," ujarnya.

Setiap peserta yang berasal dari jurusan IPA dapat memilih 2 dari 15 program studi (sains, teknik, dan sosial), siswa SMA jurusan IPS hanya dapat memilih 2 dari 4 program studi (Ekonomi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional), siswa SMA jurusan bahasa hanya dapat memilih 2 dari 3 program studi (Manajemen, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional), dan siswa SMK dapat memilih sesuai dengan jurusan yang diterima oleh program studi tertentu.

Universitas Pertamina yang sejak awal berkomitmen untuk mengisi dunia industri dengan sarjana-sarjana yang kompeten di bidangnya masing-masing akan melakukan seleksi peserta ujian masuk dengan memberikan peringkat pada siswa yang dinyatakan lulus. Materi yang akan diujikan diklasifikasikan kedalam tiga kelompok yaitu IPA, IPS, dan IPC.

Halaman
12
Penulis: Siti Olisa
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved