Sejak MoU Dilaksanakan, Jumlah Siswa Naik Motor Menurun

Bagi Pelajar yang masih kedapatan menggunakan sepeda motor ke sekolah akan dikenakan sanksi oleh pihak sekolah.

Sejak MoU Dilaksanakan, Jumlah Siswa Naik Motor Menurun
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Kasat Lantas Polres Musirawas: AKP Budi Hartono

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - MoU antara pihak sekolah, orang tua murid dan Satlantas Polres Musirawas, terkait larangan bagi pelajar menggunakan sepeda motor ke sekolah, sudah berjalan sejak tiga bulan terakhir.

Dalam kurun waktu ini, dilihat dari jumlahnya, terjadi penurunan pelajar yang masih pakai motor.

Demikian disampaikan Kapolres Musirawas AKBP Hari Brata melalui Kasat Lantas AKP Budi Hartono Sutrisno, kepada Sripoku.com, Kamis (30/3/2017).

"Memang masih ada beberapa pelajar yang kita lihat masih pakai motor, namun secara kalkulatif, jumlahnya sudah jauh menurun, dibandingkan sebelum diberlakukannya MoU pelarangan pelajar pakai motor ke sekolah," ujar AKP Budi Hartono Sutrisno.

Dikatakan, terjadinya penurunan jumlah pelajar menggunakan sepeda motor ke sekolah, berkat kerjasama yang baik dari pihak sekolah dan wali murid.

Bagi Pelajar yang masih kedapatan menggunakan sepeda motor ke sekolah akan dikenakan sanksi oleh pihak sekolah.

Ia mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah, untuk membuat regulasi dalam bentuk perda ataupun surat edaran ke setiap sekolah.

Dan itu bisa dijadikan sebagai salah satu persyaratan baru dalam bentuk administrasi sebelum masuk sekolah, pada tahun ajaran baru nanti.

"Administrasi tersebut berupa surat pernyataan yang diketahui orang tua atau wali murid, yang berisikan surat ketentuan pelajar untuk bersedia tidak menggunakan kendaraan bermotor sendiri ke sekolah sebelum memiliki SIM ataupun berusia 17 tahun. Sehingga diharapkan dalam hal ini menjadi tanggung jawab bersama, yang tujuannya murni, hanya untuk mencegah pelajar terlibat pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas," ujarnya

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved