Hanya Sekitar 10 Persen Saja Bangunan Baru di OKU Timur Mengantongi Izin

Dari seluruh bangunan baru milik warga di kabupaten OKU Timur, baru sekitar 10 persen yang mengantongi izin.

SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Rendahnya kesadaran masyarakat dalam mengurus perizinan Mendirikan Bangunan (IMB) membuat cukup banyak bangunan yang belum memiliki izin.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,Kabupaten OKU Timur, Sonpiani SE MM Selasa (28/3).

Menurut Sonpiani, dari seluruh bangunan baru milik warga di OKU Timur, baru sekitar 10 persen yang mengantongi izin. Sedangkan untuk jenis Ruko, baru sekitar 15 persen yang memiliki izin. Kesadaran masyarakat sangat rendah mengurus perizinan saat mendirikan bangunan baru.

"Sama halnya dengan mengangkangi peraturan daerah (Perda) yang sudah ditetapkan yang mewajibkan setiap pembangunan baru harus memikiki izin," katanya.

Dikatakannya, sebelum mendirikan bangunan terlebih dahulu yang bersangkutan harus memiliki izin sehingga setiap pembangunan yang dilaksanakan tidak menimbulkan polemik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Untuk itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar melakukan pengurusan IMB setiap melaksanakan pembangunan.

"Kita sudah membentuk Tim terpadu dalam mengawasi pembangunan yang tidak memiliki izin. Jika ditemukan pelanggaran di lapangan, maka terpaksa Tim Terpadu mengambil tindakkan untuk menghentikan atau membongkar paksa bangunannya yang belum memiliki izin," katanya.

Tim terpadu lanjutnya memperketat pengawasan dilapangan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pengawasan perlu dilakukan karena tidak menutup kemungkinan masih ada oknum yang mencoba bermain-main dan mencari keuntungan pribadi dalam pengurusan IMB tersebut.

Penulis: Evan Hendra
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved