Bank Danamon Tetap Fokus Kredit UKM

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk Regional Sumatera II pada tahun 2016 mampu membukukan laba bersih sebelum pajak (NPBT) sebesar Rp 4.5 triliun

Bank Danamon 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG--PT Bank Danamon Indonesia, Tbk Regional Sumatera II pada tahun 2016 mampu membukukan laba bersih sebelum pajak (NPBT) sebesar Rp 4.5 triliun atau tumbuh sebesar 39 persen dari tahun sebelumnya.

Hal ini didorong oleh pertumbuhan pada pendapatan non bunga, disiplin dalam oengelolaan pengeluaran operasional, serta penurunan biaya kredit.

Karena kabar mengembirakan ini, pada tahun ini Danamon memproyeksi pertumbuhan di berbagai sektor di tahun ini di level dua digit, termasuk kredit dan DPK.

Optimisme tersebut seiring dengan kondisi perekonomian yang dinilai lebih bersahabat dari tahun lalu.

Regional Head Bank Bukopin Regional Sumatera 2, Handriady Chia, saat pemaparan kinerja, Selasa (21/3/2017) mengatakan, di tahun ayam api ini pihaknya focus di penyaluran kredit di sektor komersial dan UKM.

"Kedua sektor ini kami nilai cukup potensial dan cebderung stabil dalam kondisi ekonomi," ujarnya.

Sementara berdasarklan portofolio kredit tahun lalu, realisasi yang tercapai untuk wilayah sumatera adalah minus delapan persen.

"Hal tersebut didasari kondisi ekonomi yang cebderung tidak stabil. Oleh sebab itu kami sangat selektif dalam penyaluran kredit," ujarnya.

Meski demikian, pihaknya mampu menghimpun peningkatan di sektor Dana Pihak Ketiga (DPK) yang tercatat tumbuh dsekitar 2,38 persen. "Sementara kalau laba naik 12 persen menjadi sekitar Rp 2,7 triliun," ucapnya

Handriady menambahkan, tanda pemulihan ekonomi di tahun ini dapat dilihat dari fokus pemerintah baik pusat maupun daerah dalam percepatan pembangunan infrastruktur.

Tentunya hal tersebut akan berdampak positif bagi perekonomian di masyarakat.

Begitu pula untuk industri perbankan.

"Sentimen positif juga ditunjukkan dari perbaikan harga sejumlah komoditi unggulan, termasuk di Sumsel," ujarnya.

Penulis: Siti Olisa
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved