Tugu Belido Tetap Lanjut, Tiang Pondasi Digeser 40 Meter

Sebelumnya pembangunan Tugu Belido yang akan menjadi ikon Kota Palembang, dipermaslahan lantaran lokasinya yang termasuk cagar budaya

Tugu Belido Tetap Lanjut, Tiang Pondasi Digeser 40 Meter
ISTIMEWA
Desain patung belido yang rencananya akan dibangun di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) yang merupakan CSR dari PT Bukit Asam. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sempat terkendala dan dihentikan progres pembangunan Tugu Belido, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tetap untuk melanjutkan pembangunan.

Sebelumnya pembangunan Tugu Belido yang akan menjadi ikon Kota Palembang, dipermaslahan lantaran lokasinya yang termasuk cagar budaya.

"Saat ini sedang dalam tahap pembangunan pondasi tiang pancang tugu. Memang ada pergeseran pembangunan pondasi tiang pancang sekitar 35 sampai 40 meter ke arah River Side. Sedangkan penggalian di titik awal sebelumnya harus dikembalikan seperti semula," ujar Sudirman Tegoeh, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang.

Dikatakannya, untuk Tugu Belidonya akan dibuat tersendiri.  Jadi begitu pondasi tiang pancang selesai Tugu Belidonya baru didatangkan dan segera dipasangkan. Memang sebelumnya ada kendala dalam pembangunannya.

Kendalanya yakni adanya penolakan yang dilontarkan tim cagar budaya Sumsel. Dikarenakan pembangunan tugu belido ini karena menyalahi aturan karena dibangun didepan pelataran Benteng Kuto Besak (BKB). Maka pembangunan pondasi atau tiang pancang tugu pun digeser dari titik awal.

Sudirman mengatakan, pembangunan Tugu Belido berjarak lebih kurang 98 meter dari BKB. Sehingga pembangunannya tidak menutupi kawasan BKB.

"Sebelumnya kita sudah berunding dengan tim cagar budaya. Karena itu akhirnya kita geser 40 meter dari titik awal. Mudah-mudahan Juli nanti sudah selesai," katanya. (Editor: Welly Hadinata)

Penulis: Welly Hadinata
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved