Breaking News:

Maret, Semua Paspor Calon Jemaah Haji Embarkasi Palembang Tuntas

Hadir dalam Rakor tersebut, perwakilan dari Kanwil Hukum dan HAM serta para Kakankemenag Kabupaten/kota se Provinsi Sumatera Selatan.

SRIPOKU.COM/YANDI TRIANSYAH
Rapat Koordinasi Kakanwil Sumsel bersama instansi terkait membahas pembuatan paspor Jemaah Haji, Jumat (17/2/2017). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kakanwil Kemenag Sumsel, H. M. Alfajri Zabidi, MM, M.Pd.I, memberikan arahan pada acara rapat koordinasi penerbitan paspor Calon Jemaah Haji (CJH)  2017, Jumat (17/2/2017), di ruang pertemuan Kanwil, Jalan Ade Irma Nasution, Palembang.

Hadir dalam Rakor tersebut, perwakilan dari Kanwil Hukum dan HAM serta para Kakankemenag Kabupaten/kota se Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam arahannya Alfajri menyampaikan kepada Kepala Kankemenag Kab/kota agar segera menginformasikan kepada para calon jemaah hajinya yang berhak berangkat di masing-masing daerah untuk segera melakukan pembuatan paspor.

Menurut dia, untuk penerbitan paspor tahun ini dilakukan lebih awal, agar memberikan tenggang waktu yang cukup dan untuk menghindari adanya penumpukan jemaah yang akan membuat paspor di Kantor Imigrasi.

"Saya berharap pada bulan Maret mendatang, semua Paspor sudah tuntas," ungkapnya.

Alfajri menjelaskan, untuk biaya penerbitan paspor terlebih dahulu dibayar oleh masing-masing jemaah sebesar Rp. 360.000,- dan biaya tersebut nantinya akan diganti ketika calon jemaah haji masuk asrama Haji Embarkasi menjelang keberangkatan ke Arab Saudi.

Adapun Paspor yang digunakan yaitu paspor biasa 48 halaman dan memiliki masa berlaku minimal 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan kloter terakhir, minimal sampai dengan tanggal 25 Februari 2018.

Untuk pengurusan paspor ke Kantor Imigrasi dapat dilakukan secara mandiri oleh jemaah dengan catatan tetap membawa surat pengantar dari Kantor Kemenag Kab/kota, namun bagi calon jemaah haji yang tidak mampu dapat dilakukan pendampingan oleh petugas dari Kankemenag Kab/kota.

"Kami mengharapkan kepada pihak Imigrasi agar proses penerbitan paspor untuk daerah-daerah yang jauh tetap dapat menggunakan layanan perangkat Mobile Unit," harapnya.

Alfajri menginstuksikan kepada Kakankemenag Kab/kota agar paspor yang sudah selesai diproses segera diantarkan ke Kanwil, dilengkapi dengan foto standar jemaah haji berwarna terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar dan pengiriman paspor ke Kanwil harus disusun berdasarkan kelompok regu dan rombongan dilengkapi dengan surat tugas, surat pengantar dan daftar normatif.

Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved