Warga Antusias Urus Sertifikat Jalur Prona

Warga Kabupaten Ogan Komering Ulu antusias mengurus persyaratan untuk sertifikat melalui jalur i PRONA (Program Nasional Agraria) untuk tahun 2017.

Warga Antusias Urus Sertifikat Jalur Prona
SRIPOKU.COM/LENI JUWITA
Kades Tanjungbaru, Ustadz Amin Rahman.

SRIPOKU.COM.BATURAJA -- Warga Kabupaten Ogan Komering Ulu antusias mengurus persyaratan untuk sertifikat melalui jalur i PRONA (Program Nasional Agraria) untuk tahun 2017.

Indikasi ini menunjukan kesadaran masyarakat untuk memantapkan status Kepemilikan Atas Tanah yang sah sudah mulai tinggi. “Mumpung ade prona, kalau sudah bersertifikat aman tanah kito,” terang warga Karangsari seraya menambahkan betapa pentingnya status kepemilikan tanah yang sudah mendapat pengakuan.

Wiraswasta yang beralamat di Jalan Kiratu Penghulu, Desa Tanjungbaru, Kecamatan Baturaja Timur ini mengatakan jika mengurus sertifikat melalu jalur Prona jauh lebih mudah dibandingkan yang reguler. Namun den gan syarat hak atas tanahnya sudah jelas. Lebih mudah lagi apabila tanah sudah memiliki akte.

Pantauan dilapangan, kesibukan warga dalam mengurus persyaratan mengikuti Prona ini terlihat disejumlah tempat foto copy. Hampir dipastikan setiap toko foto copy didatangi warga yang akan memfoto copy berkas-berkas untuk mengurus sertifikat tanah melalui jalur Prona. Seperti memfoto copy KTP, kartu keluarga dan surat-surat keterangan sal usul tanah. Menariknya surat-surat keterangan itu tahunnya sudah tua-tua sekali, terlihat dari warna kertasnya sudah usang.

Ditemui terpisah, Kepala Desa Tanjungbaru, Kecamatan Baturaja Timur, Ustadz Amin Rahman, kepada SRIPOKU.COM, Selasa (14/2/2017) menjelaskan jika tahun 2017 ini, Desa Tanjungbaru mendapat kuota 500 persil melalui Program Nasional Agraria. Pihaknya optimis target ini akan tercapai, dimana saat ini sudah dilakukan pengukuran dibeberapa RT, antara lain RT 1, Dusun 4 wilayah Pancur, RT 2 Wilayah Kemiling dan daerah lainnya yang sudah siap.

Kades juga menghimbau seluruh warga Desa Tanjungbaru yang mengikuti Prona agar segera melengkapi berkas pengajuan.

Penulis: Leni Juwita
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved