Breaking News:

Festival Imlek Indonesia

Didik Nini Thowok: Bagaimana Menjiwai Tari Kalau Nggak Tahu Sejarah

Penari yang punya nama lahir Kwee Tjoen Lian atau Kwee Tjoen An menyampaikan tentang bagaimana seharusnya penari itu jadi profesional.

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: Darwin Sepriansyah
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
didampingi moderator yang juga seniman tari Bunda Eri Rudi dan pembawa acara Dollah berdiri memberikan pengarahan sambil memebrikan contoh pada sharing dengan insan dan pencinta dunia tari Sumsel pada rangkaian Festival Imlek Indonesia di PSCC, Minggu (12/2/2017). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Sang maestro tari Indonesia Didik Nini Thowok mengingatkan agar insan tari mengerti sejarah tari yang akan dibawakannya guna bisa menjiwai.

"Bagaimana kita menjiwai kalau tidak tahu sejarahnya. Sejarah Gending Sriwijaya itu apa sih. Akulturasi lokal Palembang dengan Tionghoa. Makna tarian kenapa gerakannya harus begini. Bergerak itu menjiwai. Misalnya sedang menggambarkan mengambil nasi lalu ditarok di sini. Atau menangkap ikan," ungkap Didik Nini Thowok yang hadir memberikan sharing dengan insan dan pencinta dunia tari Sumsel pada rangkaian Festival Imlek Indonesia di PSCC, Minggu (12/2/2017).

Penari yang punya nama lahir Kwee Tjoen Lian atau Kwee Tjoen An menyampaikan tentang bagaimana seharusnya penari itu jadi profesional.

Mulai dari proses, sikap disharingkan pada acara ini.

"Banyak hal antara lain. Penari harus disiplin yang merupakan kunci utama supaya jadi penari handal. Disiplin segala hal. Penari kurang disiplin waktu. Misal bawa tari gending sriwijaya. Kalau tidak disiplin berlatih maka gerakannya akan beda. Disiplin berlatih, olah tubuh. Kelenturan gerak terjaga. Nanti ada perbaikan. Lama-lama harus ada penjiwaan. Wirobo, wiromo, wiroso. Kalau menari tidak ada penjiwaannya maka akan terasa kosong, hampa. Yang terlihat cuma tekniknya saja. Memang untuk mencapai itu butuh waktu," katanya. (*)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved