Songsong Asian Games 2018, Siswa SMKN 5 Palembang Selenggarakan Pentas Seni

Seluruh siswa-siswi SMKN 5 Palembang menampilkan pertunjukkan seni, dalam gelaran pentas seni.

Songsong Asian Games 2018, Siswa SMKN 5 Palembang Selenggarakan Pentas Seni
SRIPOKU.COM/SITI OLISA
penampilan seluruh peserta pentas seni dengan tarian nusantara yang dilakukan oleh SMKN 5 Palembang, Rabu (8/2). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Seluruh siswa-siswi SMKN 5 Palembang menampilkan pertunjukkan seni, dalam gelaran pentas seni.

Pentas seni siswa ini merupakan ajang siswa untuk menunjukkan kreativitas mereka dalam bidang seni, khususnya seni tari yang mengambil tema seni tari nusantara. Dimana tarian siswa nantinya, menceritakan suatu daerah tertentu.

Kepala sekolah SMKN 5 Palembang Zulfikri mengatakan, kegiatan ini merupakan yang pertama dilakukan dengan tema berbeda, kali ini pihaknya sengaja mengambil pentas seni tari nusantara salah satunya, berperan aktif untuk meyongsong Asian Games 2018 mendatang.

Pihaknya siap turut mensukseskan perhelatan olahraga tersebut, bila anak didiknya nantinya dilibatkan dalam pembukaannya.

"Selain itu juga kami ingin siswa siswi dapat mengetahui keanekaragaman seni khususnya tari yang ada di Indonesia ini, sehingga dengan kegiatan seperti ini siswa dapat belajar tari bukan saja dari Palembang, tetapi daerah lainnya seperti, Indonesia bagian timur misalnya," ujarnya disela-sela pembukaan pentas seni di SMKN 5 Palembang, Rabu (8/2).

Ia menjelaskan, beragam karya seni serta kreatifitas para siswa siswi ditampilkan, bukan saja tari tetapi ada juga hasil kreasi siswa siswi dibidang fasionshow, pakaian adat khususnya songket yang ditampilkan.

"Jadi khusus fasionshow ini, siswa memamerkan hasil kreasinya melalui pakaian adat berupa songket, serta banyak lagi hasil kreasi siswa lainnya," ujarnya.

Menurutnya, ini adalah kali pertama dilaksanakannya pentas seni yang melibatkan seluruh siswa tanpa terkecuali.

Hal ini bertujuan untuk mengajarkan mereka agar lebih berani berdiri dan berbicara didepan publik. Meskipun ada kegiatan ekstrakurikuler seni musik, tari, suara, dan seni lukis.

Hal itu belum cukup untuk memfasilitasi bakat dan minat siswanya dalam bidang seni.

"Maka dari itu, tercetuslah gelaran pentas seni ini untuk menjadi wadah mereka tampil didepan penonton lainnya. Dan juga kegiatan ini kembali ketujuan utamanya untuk memberikan anak kepercayaan diri untuk tampil didepan banyak orang. Jadi kalau ada siswa yang malu-malu, dengan melihat temannya tampil dipanggung maka ia termotivasi untuk ikut tampil juga digelaran pentas seni disemester depan," jelasnya.

Sementara itu, Kasi SMK dan Perguruan Tinggi Bidang Dikmenti Disdik Sumsel Erlina mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi khususnya dalam rangka mengingkatkan kreatifitas siswa, karena melalui kegiatan seperti ini sekolah bisa mengetahui bakat dan talenta dari para siswanya.

Hal ini sangat penting disamping mereka menjadi kreatif juga mampu memberikan pelajaran baru disamping pelajaran akademik.

"Hal seperti ini dapat dicontoh bagi sekolah, melalui kegiatan seperti ini akan diketahui bakat masing-masing siswa tersebut, apalagi Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, pastinya akan membutuhkan talenta dari para siswa, tidak menutup kemugkinan mereka akan kita panggil dalam sesi pembukaan dan penutupan misalnya," pungkasnya.

Penulis: Siti Olisa
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved