Lampu di Ruas Jalinteng Sumatera Dibiarkan Mati, Diduga Tak Ada Pemantauan Pihak Terkait

Ditambah lagi di sisi kiri dan kanan jalan merupakan hutan yang semakin membuat pengendara cemas.

Lampu di Ruas Jalinteng Sumatera Dibiarkan Mati, Diduga Tak Ada Pemantauan Pihak Terkait
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
PERBAIKI LAMPU JALAN – Petugas saat memperbaiki lampu jalan yang mati. Lampu jalan di sejumlah ruas jalan lintas tengah menuju arah baturaja banyak yang mati dan tidak berfungsi 

Lampu di Ruas Jalinteng Sumatera Dibiarkan Mati, Diduga Tak Ada Pemantauan Pihak Terkait

SRIPOKU.COM, MARTAPURA  – Lampu Penerangan Jalan  (LPJ) yang ada di ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera menuju kabupaten OKU banyak yang mati sejak beberapa minggu terakhir.

Matinya lampu jalan tersebut menyababkan kondisi jalanan terkesan menyeramkan ditambah lagi dengan kerusakan jalan yang cukup parah membuat pengendara semakin khawatir saat melintas.

Dari pengamatan, Sabtu (4/2/2017), sejumlah titik lampu jalan yang ada di ruas Jalinteng tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan jalanan menjadi gelap gulita.

Ditambah lagi di sisi kiri dan kanan jalan merupakan hutan yang semakin membuat pengendara cemas.

“Jalanan rusak. Ditambah lagi lampu jalan tidak berfungsi. Tentu saja pengendara khawatir tindak kejahatan meningkat karena pelaku kejahatan bisa saja bersembunyi dipinggir jalan dan menjalankan aksinya ketika kendaraan melambat karena berusaha menghindari lubang jalan yang tidak terlihat dari jauh akibat lampu jalan yang sudah mati,” ungkap Hendri (25) warga Martapura Minggu (5/2) menceritakan pengamannya.

Menurut Hendri, tidak menyalanya lampu jalan di ruas Jalinteng sudah terjadi cukup lama dengan jumlah sekitar empat hingga lima titik yang tepat berada di tikungan dan di jalanan yang jauh dari pemukiman warga.

“Kalau lampu jalan menyala meskipun jalanan sepi. Pengendara bisa dengan tenang melintas karena sisi kiri dan kanan jalan terlihat. Ada kesan aman jika jalanan terang. Pelaku kejahatan juga berfikir melakukan perampokan jika terang benderang,” katanya.

Hendri berharap, pemerintah OKU Timur bisa melakukan pengecekan dan perbaikan secara berkala terhadap lampu jalan tersebut sehingga pengendara biasa dengan nyaman melintas dan dapat dengan mudah menghindari kerusakan jalan yang dapat membahayakan terutama pengendara sepeda motor.

Bukan hanya di ruas Jalinteng saja, di ruas jalan lintas Martapura-Muaradua juga banyak lampu jalan yang dibiarkan mati dan belum diperbaiki.

Hal itu tentu saja membuat pengendara yang setiap malam hari melintas untuk membawa sayur dan kebutuhan pasar lainnya merasa khawatir karena di ruas jalan lintas tersebut terkenal dengan kerawanannya.

“Lampu jalan yang ada di jembatan dua sudah lama mati tapi belum ada perbaikan. Padahal dilokasi tersebut rawan tindak kriminal dan lakalantas,” ungkap Yanto warga lainnya. (*)

Penulis: Evan Hendra
Editor: Darwin Sepriansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved