Breaking News:

Pelantikan Pjs Kades Sungai Somor Mendesak

Pjs Kepala Desa (Kades) Sungai Somor, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), bernama Sulasni, mendesak untuk segera dilantik.

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG -- Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) Sungai Somor, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), bernama Sulasni, mendesak untuk segera dilantik.

Pasalnya, Pjs Kades yang merupakan usulan BPD Sungai Somor tersebut satu-satunya orang yang mempunyai kewenangan untuk membentuk Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Ketua BPD Sungai Somor, Wilius Feri menyatakan, pihaknya telah melayangkan surat kepada Bupati OKI H Iskandar SE terkait tindaklanjut usulan Pjs Kades atas nama Sulasni.

“Atas permintaan warga Sungai Somor, pada 9 Januari lalu kita melayangkan surat kepada Pak Bupati, untuk meminta petunjuk dan tindak lanjut atas usulan Pjs Kades yang telah kita ajukan,” ungkap Wilius kepada wartawan, Rabu (1/2/2017).

Setelah menunggu lama, lanjut Wilius, pihaknya mendapat surat balasan dari Bupati OKI melalui Sekda bernomor :140/24/II.1/D.PMD/2017 tertanggal 30 Januari, yang ditandatangani oleh Sekda OKI, H Husin SPd MM yang intinya memerintahkan kepada Camat Cengal untuk menindaklanjuti usulan Pjs Kades atas nama Sulasni tersebut.

“Camat diminta untuk segera menindaklanjuti dan kita sudah bertemu dengan Camat Cengal, Pak H Rosihan Anwar dan Pegawai di Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) OKI. Alhamdulillah ada titik terang, karena usulan kita telah melalui semua aturan yang ditetapkan. Tinggal lagi waktu pelantikan, sebab tahapan Pilkades sudah dekat, awal Februari ini Panitia Pilkades harus sudah terbentuk dan segera melakukan pendataan DPS,” ujar Wilius.

Dalam surat Bupati tersebut juga, dinyatakan bahwa dasar hukum penunjukan dan pengangkatan penjabat kepala desa sesuai dengan Perda Nomor 1 tahun 2015 tentang desa, dimana pada Pasal 19 ayat 5 disebutkan.

"dalam hal kekosongan jabatan kepala desa dalam penyelenggaraan Pilkades serentak, Bupati menunjuk Penjabat Kepala Desa". Dan ayat 6, "Penjabat Kepala Desa yang sebagaimana dimaksud pada ayat 5 berasal dari Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemerintah daerah kabupaten".

Sementara itu, Camat Cengal, Rosihan Anwar mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan DPMD Kabupaten OKI untuk menindaklanjuti surat dari Bupati OKI tersebut.

“Kita masih mempelajari surat tersebut, untuk itu kita berkoordinasi dengan DPMD OKI. Sebab hal ini sangat mendesak, karena telah memasuki tahapan Pilkades dan harus segera dibentuk Panitia di Desa Sungai Somor,” tutur Rosihan.

Kepala DPMD H Fahrul Rozi SSos melalui Kabid Pemerintahan Desa DPMD OKI, Andika mengatakan, Camat sebagai perpanjangan tangan Bupati OKI diperintahkan untuk memverifikasi ulang usulan Pjs Kades Sungai Somor tersebut.

“Inti surat itu camat diminta memverifikasi ulang usulan Pjs Kades. Mudah-mudahan dalam waktu dekat verifikasi selesai dilaksanakan, karena saat ini telah memasuki tahapan Pilkades serentak,” singkat Andika

Penulis: Mat Bodok
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved