Breaking News:

APTISI Desak Tambah Kuato Bidik Misi PTS

Muhammad Helmi MS kembali terpilih sebagai ketua APTISI sebagai Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) Sumsel-Babel periode 2017-2021.

SRIPOKU.COM/SITI OLISA
Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) Sumsel-Babel, M Helmi MS menyerahkan plakat kepada Wakil Gubernur Ishak Mekki pada musyawarah wilayah (Muswil) di Aula Sri Melayu Palembang, Rabu (1/2/2017). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Muhammad Helmi MS kembali terpilih sebagai ketua APTISI sebagai Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) Sumsel-Babel periode 2017-2021 hasil musyawarah wilayah (Muswil) secara aklamasi di Aula Sri Melayu, Rabu (1/2/2017).

Sebagai ketua terpilih kembali, Hilmi bersama timnya akan meneruskan programnya untuk membangun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah kerja lebih baik dan mampu membantu pemerintah menurunkan angka partisipasi kasar di jenjang perguruan tinggi.

"Untuk itu, Aptisi kedepan akan peningkatan kuota beasiswa bidikmisi khusus mahasiswa di lingkungan PTS. Pasalnya, beasiswa bidikmisi dinilai bisa meningkatkan jumlah Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan jenjang perguruan tinggi," ujarnya.

Helmi mengatakan, alokasi kuota beasiswa bidikmisi pada 2016 lalu untuk di wilayah Sumsel dialokasikan sebanyak 600.

"Ya, saya sangat berterimakasih kepada teman-teman yang sudah memilih saya lagi sebagai ketua Aptisi periode 2017-2021. Kedepan kami meminta supaya 2017 ini kuota bidikmisi untuk PTS di Sumsel bisa bertambah," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada sebanyak 115 PTS yang tersebar di Sumsel, oleh sebab itu kuota bidikmisi di Sumsel juga harus besar. "Jadi, bagi anak usia perguruan tinggi yang belum bisa mengenyam pendidikan bisa terakomodir dengan adanya program bidikmisi," ujarnya.

Lanjutnya, pihak Aptisi tidak ingin menuntut jumlah kuota bidikmisi yang harus dialokasikan, tetapi pemerintah pusat juga harus memperhatikan capaian APK di masing-masing wilayah. "Kalau kuota sudah pas, tentu APK pendidikan tinggi bisa terdongkrak," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah II Sumbagsel-Babel Prof Dr Slamet Widodo MS MM meminta supaya seluruh PTS di lingkungan Kopertis Wilayah II meningkatkan mutu pendidikan di masing-masing perguruan tinggi. "Ya, harus komitmen untuk terus meningkatkan kualitas masing-masing PTS," ujarnya.

Ia berharap, PTS menjadi bagian yang konsen untuk meningkatkan jumlah APK pendidikan tinggi. "Kopertis Wilayah II akan terus berusaha membina dan mengawasi PTS-PTS di Sumsel dan Babel," ujarnya. (Editor: Abdul Hafiz)

Penulis: Siti Olisa
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved