Belajar Matematika Lebih Menyenangkan dengan Geogebra Loh

"geogebra ini salah satu software untuk mempermudah dan melihat keakuratan gambar dari suatu kurva"

Belajar Matematika Lebih Menyenangkan dengan Geogebra Loh
SRIPOKU.COM/SITI OLISA
PENGABDIAN -- Suasana pembelajaran aplikasi geogebra kepada guru dan siswa se-Kecamatan Kertapati Palembang, Selasa (31/1/2017). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) program studi matematika berbagi ilmu agar belajar matematika, khususnya geometri lebih menyenangkan. Menggunakan aplikasi geogebra ini, siswa dan guru yang ada di Kecamatan Kertapati Palembang lebih mudah menggambar kurva geometri.

Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerja Sama (LPPkMK), Dr Nila Kesumawati MSi, usai pembukaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 9 Palembang, Selasa (31/1) mengatakan, geogebra ini salah satu software untuk mempermudah dan melihat keakuratan gambar dari suatu kurva.

"Untuk itu kami memberikan materi ini untuk membuat pelajaran geometri terutama dalam membuat kurva lebih menyenangkan. Selain itu kurva yang dibuat juga nantinya lebih akurat dibandingkan dibuat secara manual," ujarnya.

Nila mengatakan, untuk membantu guru dan siswa memahami aplikasi ini, pihaknya menghadirkan enam orang nara sumber. "Karena untuk memahami ini secara keseluruhan membutuhkan waktu lama, kami hanya mengajarkan dasar-dasarnya saja dan untuk pengembangannya silakan baca di buku-buku," ujarnya.

Nila juga mengatakan, dengan aplikasi ini, siswa jadi lebih senang gambar yang dibuat seperti nyata, jadi lebih tertarik untuk belajar. "Selain itu, dengan penerapan aplikasi ini juga mampu membuka pola pikir anak-anak untuk menjadi seorang arsitektur ke depannya karena bermain sambil belajar dengan aplikasi sangat menyenangkan. Program ini juga sangat sederhana dan sangat cocok untuk pembelajaran," ujarnya.(cr5)

Penulis: Siti Olisa
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved