Pasar Bertingkat di Pasar Kayuagung akan Buka Siang Malam

“Sekarang sedang masa pemeliharaan. Jadi jika ada kerusakan sedikit atau kekurangan di sana sini, itu masih tanggungjawab kontraktor,”

Pasar Bertingkat di Pasar Kayuagung akan Buka Siang Malam
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Kepala Dinas Perdagangan OKI S Sudiyanto Djakfar SSos 

 

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG – Pelaksanaan pekerjaan rehab 80 petak kios pasar bertingkat di Pasar Kayuagung telah selesai.

Namun, hingga kini belum dioperasikan karena masih menunggu penyerahkan dari kontraktor ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Minggu (29/1/2017).

“Sekarang sedang masa pemeliharaan. Jadi jika ada kerusakan sedikit atau kekurangan di sana sini, itu masih tanggungjawab kontraktor,” kata Kepala Dinas Perdagangan OKI S Sudiyanto Djakfar SSos. 

Dinas Perdagangan OKI belum mengetahui hingga kapan masa pemeliharaan karena rehabilitasi kios itu dulunya pekerjaan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi OKI.

Namun ia berharap operasional kios bisa dilakukan dalam waktu dekat. 

“Kios-kios baru itu akan digunakan oleh pedagang yang selama ini berjualan di lantai dasar Shoping Center. Usaha pedagang seperti counter HP, aksesoris, toko emas, dan lainnya. Jika kios sudah beroperasi, rencananya akan buka hingga malam hari pukul 21.00,” target Sudiyanto menyebutkan pasar bertingkat akan buka siang malam. 

Alasan jam operasi hingga malam, kata Sudiyanto, bangunan rehab kios kini seperti semi mall sehingga layak beroperasi dari pagi hingga malam.

Ini juga untuk menunjung perkotaan Kayuagung yang selama ini seperti mati suri ketika malam.

Bila pasar buka hingga malam, tentu akan meramaikan perkotaan. 

“Sedangkan area di lantai dasar Shoping Center nantinya akan kosong. Ini Bisa dimanfaatkan siapa saja untuk berpromosi atau menggelar even sehingga bisa menambah Pendapatan Hasil Daerah berupa sewa,” tutur Sudiyanto yang optimis. 

Terkait adanya kios pasar bertingkat telah dimiliki orang-orang tertentu namun tidak dioperasikan, pemerintah akan mendata ulang pemilik kios.

Orang yang memiliki kios tentu harus punya dokumen resmi bukti kepemilikan. 

Darfian (39) warga Kayuagung mengaku senang bila pasar operasi hingga malam.

“Iyo kalau malam di sini seperti kuburan, ini kan perkotaan jadi malam harus tetap ramai. Kalau bae warga malam-malam nak belanja. Jangan kalah dengan pasar Tugumulyo,” katanya. (*)

Penulis: Mat Bodok
Editor: Darwin Sepriansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved