Lapor Mang Sripo

Risih Kondisi Bus Kota yang Kurang

Saya warga kota Palembang merasa risih sekali melihat kondisi bus kota yang sampai saat ini sudah sangat tak layak lagi beroperasi. Memang ada bus Tra

yandi
Bus baru transmusi. 

SRIPOKU.COM - Yth. Pihak terkait dengan penggadaan bus kota. Saya warga kota Palembang merasa risih sekali melihat kondisi bus kota yang sampai saat ini sudah sangat tak layak lagi beroperasi. Memang ada bus Trans Musi tapi sepertinya bus Trans Musi masih kurang Pak. Kami terpaksa menunggu sampai berjam-jam untuk sampai ketemu dengan bus Trans Musi. Padahal kami bekerja di swasta yang kalau telat gaji kami dipotong perusahaan. Apakah dari pihak pemerintah kita ada rencana untuk menambah bus atau angkutan massal lain di Palembang ini? Mohon penjelasannya. Kepada Sripo, kami ucapkan terima kasih.
0812788xxxx

Berita Lainnya:  Kapan Bus Trans Musi Ditambah?

Jawab:
Awal Januari 2017 Bus Bantuan Beroperasi
Terima kasih atas masukan Saudara. Perlu kami informasikan bahwa permohonan bantuan bus untuk transportasi massal di Palembang disetujui Kementerian Perhubungan. Saat ini, satu unit bus bantuan ukuran medium, warna biru, berkapasitas 23 penumpang, sudah tiba di Palembang. Bus itu akan dioperasikan akhir Januari 2017 atau awal Februari. Yang 39 bus lagi masih dalam perjalanan. Ada yang masih di Malang. Ya, memang didatangkan secara bertahap Penambahan bus tersebut untuk regenerasi bus Transmusi, selain tentu saja untuk meningkatkan pelayanan transportasi bagi warga Palembang. Setelah bus semuanya diterima, kami akan mengecek semua kelengkapan kendaraan. Termasuk pengurusan izin operasional, membuat nomor plat, dan izin kir. Paling tidak butuh waktu satu bulan, baru beroperasi.

Dengan penambahan 40 bus, total ada 240 bus Transmusi yang dimiliki PT SP2J. Jumlah itu bisa untuk melayani masyarakat, juga menyambut Asian Games 2018 di mana Palembang jadi tuan rumah.

Apalagi Transmusi akan terintegrasi dengan LRT. Kita harapkan bisa menjadi transportasi publik yang potensial dan membantu masyarakat.

Kendati puluhan bahkan ratusan Transmusi akan beroperasi, namun kami belum bisa memastikan soal penambahan trayek baru. Untuk sementara fokus ke peremajaan bus dan halte. Terutama di tempat ramai. Seperti di titik-titik transit dan peralihan lalu lintas, misalnya di Simpang Soekarno Hatta.

Untuk transaksi pembayaran sendiri masih menggunakan cara lama. Nantinya penumpang akan memiliki smart card dan bagi yang belum bisa memakai tiket resmi yang dikeluarkan SP2J. Ke depan kita akan adakan kerja sama dengan Bank Indonesia, agar smart card ini bisa terintegrasi seperti e-Money. Dalam waktu dekat rute Palembang-Indralaya yang akan kita terapkan.

Kita mengimbau kepada masyarakat untuk bisa memantau kedisiplinan awak Trans Musi. Seperti menagih karcis baru kepada pramugara ketika naik Trans Musi. Apabila ada yang tidak memberikan tiket, langsung lapor ke call center. Karena kita ingin menerapkan sistem yang bersih di tubuh SP2J. Demikian penjelasan kami. (saf)

Direktur Operasional
PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J)
Antoni Rais

Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved