NEWS VIDEO SRIPO

Tidak Hanya Mengangkut Penumpang, Kini Kereta Api Juga Jadi Tempat Berobat

Rail Clinic merupakan rangkaian yang terdiri dari dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - PT KAI resmi meluncurkan Rail Clinic generasi kedua.

Peluncuran tersebut juga ditandai dengan pemberian pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat di sekitar Stasiun Kertapati Divre III Palembang, Rabu (21/12/2016).

Rail Clinic merupakan rangkaian yang terdiri dari dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan.

Masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda.

Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama.

Rail Clinic dibagi beberapa bagian, yakni ruang monitoring dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi, dan ruang bersalin.

Di kereta pertama, seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar atau CPR, alat monitoring pasien, alat kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung, hingga penanganan kasus trauma dapat dilakukan.

Sementara di kereta kedua terdapat fasilitas untuk tindakan persalinan, ruang pemeriksaan umum dan edukasi dan ruang farmasi.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, selama satu hari ini masyarakat di sekitar Stasiun Kertapati dapat menikmati layanan kesehatan gratis di Raul Clinic generasi terbaru.

Pengoperasionalan Rail Clinic ini merupakan salah satu wujud tanggung jawab sosial KAI kepada masyarakat. Terutama yang tinggal disepanjang lintas KA.

Dengan adanya Rail Clinic ini pihaknya berharap masyarakat akan turut menjaga kelancaran dan keamanan perjalanan KA.

Di dalam kereta api milik PT KAI ini melayani pengobatan pemeriksaan gigi, periksa kandungan, pelayanan darurat, umum dan sebagainya.

Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved